Ilustrasi

Waspada! Ini Penyebab Kecelakaan Lalu Lintas Menurut Dishub Sulsel, Salah Satunya Gara-gara Handphone

Selasa, 24 Juli 2018 | 09:44 Wita - Editor: Irwan AR - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

Makassar, Gosulsel.com – Kepala Bidang (Kabid) Pelayaran Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Sulawesi Selatan, Muh. Arafah Palu menyebutkan bahwa salah satu faktor utama penyebab terjadinya kecelakaan adalah pengemudi.

Hal ini terungkap saat Arafah membawakan materi Sikap dan Prilaku dalam bertransportasi pada pemelihan Abdi Yasa Teladan 2018 di Hotel Grand Imawan Makassar, Senin (23/7/2010).

Di hadadapan peserta yang sebagain besar adalah sopir, Arafah menyebutkan bahwa dari data yang diperoleh, 97 persen penyebab utama kecelakaan lalu lintas adalah faktor manusia atau pengendara itu sendiri.

“Menurut data tahun 2016, 97 persen penyebab kecelakaan yang terjadi di jalan adalah karna manusia atau perilaku pengendara,” jelasnya.



Dari data ada 52,5 persen pengendara tidak waspada memperhatikan lalu lintas dari arah depan maupun belakang, 17 persen pengendara gagal menjaga jarak aman, 14 persen pengendara ceroboh dalam berbelok, 11 persen pengendara berusaha menyalip dan 7 persen kendaraan melampaui kecepatan.

Ia juga menjelaskan bahwa Lingkungan fisik sosial dan lingkungan budaya juga sangat menentukan cara berperilaku dalam berkendara. Dan terkadang menjadi kebiasaan, salah satu contoh yang diungkapkan Arafah adalah penggunaan handphone pada saat berkendara.

“Ini menjadi faktor yang perlu diperhatikan terkait pengendara yang menggunakan hanphone saat berkendara. Jadi kita harus memperbaiki perilaku dalam bekendara,” tambahnya.(*)


BACA JUGA