(FOTO: Ketua DPD Hanura Sulsel, Ambo Dalle/Sabtu, 27 Agustus 2016/Muhammad Seilessy/GoSulsel.com)
#

Parliamentary Threshold Alasan Utama Ambo Dalle Tinggalkan Golkar?

Sabtu, 28 Juli 2018 | 18:48 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Muhammad Fardi - GoSulsel.com

Makassar, Gosulsel.com – Eks Ketua DPD Hanura Sulsel, Ambo Dalle tinggalkan Golkar, dia kembali ke Hanura. Padahal sebelumnya Ambo Dalle mendaftar sebagai Bacaleg beringin rimbun, akan tetapi kini pindah mengendarai Hanura melalui Daerah Pemilihan (Dapil) 9 Sulsel, meliputi Sidrap, Pinrang, dan Parepare.

Apa motif di balik kembalinya Ambo Dalle ke Hanura?

Di Sulsel, Golkar dikenal sebagai partai besar, kekuatan persaingan di internal partai sangat kompetitif. Bahkan beberapa kali Pileg, jabatan Ketua DPRD Sulsel dijabat oleh kader Golkar.

Pengamat politik dari Universitas Bosowa (Unibos) Makassar, Arief Wicaksono yang dikonfirmasi berkaitan sikap Ambo Dalle mengatakan, besar kemungkinan parliamentary threshold jadi alasannya. Dimana sebelumnya kuat diisukan akan berlaku hingga ke daerah, ternyata hanya berlaku untuk pusat.

“Bisa jadi pak Ambo Dalle dulu ketika memutuskan menjadi caleg di Golkar, menjadikan parliamentary threshold sebagai basis pengambilan keputusan, karena Hanura diprediksi tidak lolos PT di Pemilu 2019. Tapi kan penafsirannya beda, bahwa PT hanya berlaku di tingkat nasional, dan tidak berlaku di provinsi serta kabupaten/kota,” kata Arief, Sabtu (28/7/2018).

Arief menuturkan, memang ada kesan merugikan jika Ambo Dalle keukuh di Golkar, alasannya karena dinamika di internal partai sangat kompetitif. Sebaliknya jika Ambo Dalle kembali ke Hanura, resikonya dinilai kecil.

“Kalau beliau tetap di Golkar, mungkin akan merugikan beliau karena dinamika internal yang luar biasa hebatnya. Tapi kalau kembali ke Hanura, resiko bagi beliau dianggap kecil,” tandasnya.(*)


BACA JUGA