Tahun Depan Dishub Sulsel Fokus Kampanye Keselamatan Perhubungan Laut

Rabu, 08 Agustus 2018 | 11:52 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

Makassar, Gosulsel.com – Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Sulawesi Selatan menggelar Rapat koordinasi teknis (Rakornis) lingkup Dinas Perhubungan Sulsel, di Hotel Dalton Makassar, Rabu (8/8/2018).

Rakor tersebut dihadiri seluruh Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kabupaten Kota dan seluruh pejabat lingkup Dishub Sulsel. Rapat tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Bidang Pelayaran Dishub Sulsel, Dr. Ir. H. Muh Arafah Palu.

Dalam arahannya, Arafah menjelaskan bahwa ada dua isu yang menjadi pembahasan dalam Rakornis tersebut yaitu di bidang perhubungan laut dan darat. Menurutnya ada beberapa permasalahan yang perlu dibicarakan terkait dua bidang perhubungan ini.

“Kampanye keselamatan kita tahun depan kita fokuskan ke daerah – daerah rawan kecelakaan perhubungan laut. Ini yg butuh kita singkronisasi terkait waktu pelaksanaannya,” katanya.



Menurutnya lagi ada beberapa rencana pembangunan pelabuhan di Sulael yang perlu diprioritaskan untuk ditindak lanjuti. Seperti pelabuhan Kambuno dan Burung Loe di Kabupaten Sinjai, Pelabuhan Tanah Keke di Takalar dan beberapa pelabuhan di kabupaten lain.

Sementara itu, mewakili pehubungan sektor darat, Kepala Bidang Angkutan Jalan Dishub Sulsel, H. A. Muh Anis menjelaskan bahwa salah satu yang perlu dibahas terkait perhubungan darat adalah pengelolaan terminal yang ada di Sulsel khususnya terminal tipe B.

Menurutnya, sesuai Undang – undang Nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah, terminal tipe B berada di bawah kewenagan Pemerintah Provinsi dalan hal ini Dishub Sulsel.

“Walaupun Provinsi yang mengelola terminal itu, tidak serta merta kami yang kelola juga tapi kami tetap melibatkan pemerintah Kabupaten/Kota,” ungkapnya.

Sementara itu, Kadishub Maros, Rahmad Bur yang tampil sebagai pembicara berharap dengan adanya pertemuan tersebut sinergitas antar perhubungan semakin baik sehingga Dishub sebagai pelopor keselamatan, tercapai.

“Silaturahmi yang kita lakukan ini semoga ada sinergitas, sehingga transportasi darat dan lalu lintas bisa terealisasi dengan baik dan Dishub sebagai pelopor keselamatan itu tercapai,” katanya di depan seratusan peserta Rakornis.(*)


BACA JUGA