Losari Makassar Jadi Titik Aksi Nasional Bersih-Bersih Pantai 2018

Jumat, 17 Agustus 2018 | 01:34 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Indra Ahmad - Go Cakrawala

Makassar, Gosulsel.com — Meriahkan peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-73, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) bersama dengan organisasi Pandu Laut Nusantara akan melakukan aksi nasional bersih-bersih pantai di 73 titik perairan di Indonesia secara serentak pada 19 Agustus 2018 mendatang.

Untuk di Makassar sendiri, gerakan bersih pantai dan peduli laut di wilayah Makassar dipusatkan di Pantai Losari Kota Makassar.

Kepala Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Makassar Sitti Chadidjah mengatakan aksi ini sebagai bentuk edukasi dan sosialisasi tentang penanggulangan pencemaran sampah plastik secara berkelanjutan kepada masyarakat di sekitarnya.

“Ini tujuannya menyadarkan masyarakat untuk mengurangi penggunaan sampah plastik khususnya kemasan sekali pakai seperti botol plastik. Karena laut adalah cerminan dari masyarakat disekitarnya” terang Sitti Chadidjah, Kamis (16/8/2018).



Hal ini juga sejalan dengan program Pemerintah Kota Makassar yaitu Bank Sampah yang merupakan sistem pengelolaan sampah berbasis partisipasi masyarakat dengan mendapatkan keuntungan ekonomi.

“Ini juga sejalan dengan semangat kota Makassar yaitu Makassar Tidak Rantasa, walaupun pantai sekarang itu bukan otorisasi kita, tapi kalau pantai kontor telunjuk masyarakat pasti ke Walikota nya,”papar Moh Ramdhan “Danny” Pomanto, Wali Kota Makassar.(*)


BACA JUGA