Staf Ahli Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Sulawesi Selatan, Qadriathi Dg Bau

Staf Ahli Dishub Sulsel: Perparkiran Kuliner Kanre Rong Harus Ditata dengan Baik

Jumat, 24 Agustus 2018 | 20:33 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

Makassar, GoSulsel.com — Staf Ahli Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Sulawesi Selatan, Dr. Ir Qadriathi Dg Bau M.Si., M.Pd. meminta kepada Pemkot dalam hal ini Dishub Kota Makassar untuk menata¬† sistem perparkiran di kawasan Kuliner Kanre Rong Jalan RA Kartini Makassar.

Hal tersebut disampaikan Qadriathi Dg Bau yang juga merupakan pengamat transportasi Sulsel saat diminta menjadi narasumber di Kantor Dishub Kota Makassar membahas tentang sistem perparkiran kawasan kuliner Kanre Rong Karebosi Makassar.

Deketahui selama ini kawasan tersebut belum memiliki lokasi parkir untuk kendaraan roda 4 dan menggunakan badan jalan sebagai tempat parkir. Qadriathi Dg Bau yang tampil sebagai narasumber menjelaskan bahwa management parkir di kawasan tersebut harus ditata dengan baik.

Menurut Dosen Fakultas Teknis Sipil Universitas Negeri Makassar (UNM) ini mengatakan bahwa untuk mengakomodir pengunjung yang datang perlu ada lokasi khusus disiapkan sebagai lahan parkir. Mengingat dikabarkan kawasan kuliner Kanre Rong tersebut akan dibuka selama 24 jam.



“Ini tantangan Pemkot untuk menyediakan satu lokasi atau lahan khusus parkir, kita jangan memanjakan masyarakat untuk malas jalan. Kalau ada antusiaa atau keinginan tinggi untuk datang maka mereka akan jalan,” katanya.

Selain penyediaan lahan parkir, Staf Ahli Diahub Sulsel tersebut juga menyarankan untuk memberlakukan tarif parkir progresif dan meyediakan siamstem parkir online tidak lagi menggunakan karcis.

“Parkir online bukan manual jadi buka sistem karcis lagi. Jadi kalau ada alat kalau bisa pengunjung sendiri yang menekan tombol masuk area parkir,” jelasnya.(*)


BACA JUGA