Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, H.Muchlis hadir sebagai pembicara pada Sosialisaso Gowa Kabupaten Pendidikan (GKP), Kamis (25/10/2018)/Mutmainnah/Gosulsel.com

Program GKP Dorong Lahirnya Generasi Berkualitas di Kabupaten Gowa

Kamis, 25 Oktober 2018 | 15:57 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Mutmainnah - Gosulsel.com

Gowa, Gosulsel.com — Hadir dalam kegiatan sosialisasi Gowa Kabupeten Pendidikan, Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Gowa, H Muchlis mengharapkan agar seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) memberikan dukungan maksimal dalam menjadikan Gowa Kabupaten Pendidikan (GKP).

Muchlis hadir dalam kapasitasnya sebagai pemateri sosialisasi yang berlangsung di Baruga Tinggimae, Rumah Jabatan Bupati Gowa pada Kamis (25/10/2018).

pt-vale-indonesia

“Gowa sebagai kabupaten pendidikan merupakan sebuah gerakan, dia tidak berdiri sendiri harus melibatkan banyak pihak untuk mewujudkannya,” terang Muchlis.

Olehnya itu, sejumlah poin penting yang telah dan harus diterapkan, lanjut Muchlis, yakni terciptanya sistem persekolahan, terciptanya sentra edukasi, terbentuknya kampung inggris (english camp), dan berdirinya Universitas Syekh Yusuf (Syekh Yusuf University).

Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, H.Muchlis hadir sebagai pembicara pada Sosialisaso Gowa Kabupaten Pendidikan (GKP), Kamis (25/10/2018)/Mutmainnah/Gosulsel.com

Lebih jauh, dia juga menjabarkan sistem persekolahan yang dimaksud, yakni sistem persekolahan secara manajerial yang meliputi sekolah berbasis IT, berbasis ramah anak dan berbasis ramah lingkungan. Dan sistem persekolahan secara akademik yakni, sistem kelas tuntas berkelanjutan (SKTB) dan Imtaq Indonesia.

“Inilah sasaran andalan yang kita fokuskan dalam GKP, selain itu ada hal yang hilang saat ini dalam budaya mendidik anak-anak kita,” ungkapnya.

Menurutnya pula, esensi yang hilang itulah yang akan menjadi fokus dalam GKP ini, “Dengan harapan melalui GKP maka terbentuk generasi berkualitas di Gowa yang ditunjang sarana prasarana yang menunjang,” kata mantan Kepala Bappeda Gowa ini.

Sementara itu, Kabid Pembinaan Pendidik dan Ketenagapendidikan Disdik Gowa yang juga selaku Koordinator GKP Syarifuddin Kulle, mengungkapkan bahwa program GKP ini sudah memasuki tahun kedua dengan melibatkan sejumlah SKPD Lingkup Pemkab Gowa.

“Adanya pelibatan sejumlah SKPD ini untuk mendapatkan saran dan masukan dari para pimpinan SKPD untuk keberlangsungan GKP yang lebih maksimal ke depan,” jelasnya.

Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, H.Muchlis hadir sebagai pembicara pada Sosialisaso Gowa Kabupaten Pendidikan (GKP), Kamis (25/10/2018)/Mutmainnah/Gosulsel.com

Lebih lanjut, Syarifuddin Kulle juga mengatakan bahwa sejak program GKP ini dijalankan, mereka sudah membentuk tim kerja GKP sebanyak 99 orang yang terdiri dari guru-guru pilihan yang direkrut masing-masing lima orang perwakilan guru di 18 kecamatan, yang akan melakukan pengawasan melekat pada 411 SD dan 109 SMP yang ada di Gowa.

“Jadi dalam penjabaran kerja GKP ini para tim kerja di dalamnya melakukan pengawasan terhadap aktivitas pembelajaran, pengajaran dan pengawasan,” tuturnya.

Pengawasan tersebut berlaku kepada para siswa, para guru, para pegawai sekolah, serta kepala sekolah dan pengawas sekolah. Dimana tim kerja GKP ini akan memotret aktivitas anak didik, tenaga pendidik dan para pengawasan apakah rajin atau malas, “Apakah sekolahnya sudah memenuhi beberapa standar pendidikan dan sebagainya,” kuncinya.(*)


BACA JUGA