Salah satu seniman grafitti Makassar mulai mengerjakan karyanya

9 Seniman Street Art Makassar Kolobaratif Berkarya Bebas

Minggu, 25 November 2018 | 19:41 Wita - Editor: Irwan AR -

MAKASSAR, GOCAKRAWALA — Salah satu bagian dari BERSAMA BERKARYA BEBAS Setelah menjalankan program RITUWALLS secara  reguler setiap bulan, di penghujung 2018 RITUS merangkumnya ke dalam sebuah pameran bertajuk THE SHOWCASE OF RITUWALLS.

RITUWALLS sendiri adalah sebuah sesi berkarya bagi seniman mural dan graffiti dengan tantangan konsep dan media yang berbeda.Diawali di tahun 2017 denganmedia panel 2x2meteryang secara rutin berlangsungdiRITUSSTORE, RITUWALLS berkembang secara teknis dengan sistem berpindah-pindah dan dengan variasi media lain seperti tembok dan panelkayu.

pt-vale-indonesia

Keberadaan canvas1x1m yang melekat di setiapsesi RITUWALLS dianggap sebagai rangsangan yang optimal bagi street artist untuk lebih produktif baik di jalanan maupun media konvensional. Canvas inilah yang menjadi materi pameran di The Showcase of RITUWALLS.

Setiap artist yang terlibat diberi kebebasan untuk menuangkan idenya dan memiliki otoritas penuh terhadap potongan canvas yang sebelumnya melekat. Beberapa canvas dibiarkan secara otentik dari proses awal sesi RITUWALLS untuk kemudian dipamerkan, disamping beberapa artist memutuskan untuk merespon canvasnya dengan beragam tindakan.

” The Showcase of RITUWALLS terinspirasi dari berbagai kegiatan serupa baik dalam maupun luar negeri, khususnya dari sesama pelaku di dalam skena street-art dan graffiti di Indonesia. Eksistensi street-artist di Makassar dengan berbagai stigma negatif menjadi tantangan tersendiri atas lahirnya pameran ini,” ungkap Adin Amiruddin Project Officer RITUS ditemui di lantai KOPIALPS, Minggu (25/11/2018).

Menggiring seni jalanan dan skena graffiti ke dalam ranah yang lebih konvensional adalah salah satu eksperimen tim RITUS untuk melihat respon dari berbagai perspektif sosial. Pameran ini juga ditujukan sebagai jawaban atas keterbatasan ruang alternatif berkesenian di kota Makassar yang sampai saat ini masih menjadi tantangan bagi siapa saja yang berusaha merealisasikan idenya.

Keterlibatan KOPIALPS sebagai venue partner sangat membantu lahirnya pameran ini. THE SHOWCASE OF RITUWALLS menampilan karya dari sembilan seniman yang telah terlibat di sesi RITUWALLS sebelumnya, yaitu ORGANS, JINX8501, SOART, ENSA, VESTER, DERBS, CLOWNERS, HASTER31,dan ALIASTIGA.

Selain pameran artwork, The Showcase of RITUWALLS juga diisi dengan pemutaran beberapa video dokumentasi dan akan berlangsung Live Painting di lantai 1 Kopialps. MC yang akan mengatur jalannya acara dipercayakan kepada RWEEN, dan akan ada DJ Set dari ADRI dan AJINN.

The Showcase of RITUWALLS diinisiasi oleh RITUS dan didukung oleh KOPIALPS, movement BERSAMA BERKARYA BEBAS, PISCOK SUPER, HUN, dan ANTWEEN.