Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan melantik 31 kepala desa se kabupaten Gowa, di gedung Haji Bate, Jumat (28/12)

Lantik 31 Kepala Desa, Adnan Minta Kades Harus Sinergis dengan Masyarakat

Jumat, 28 Desember 2018 | 14:44 Wita - Editor: Irwan AR - Reporter: Ryan Saputra - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM – Sebanyak 31 kepala desa Kabupaten Gowa periode 2018-2023 melakukan Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan di Gedung H Bate, Sungguminasa, Gowa. Jumat (28/11/2018).

Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan menuturkan, pengambilan sumpah kepala desa merupakan bentuk kepercayaan, penghormatan dan amanat pemerintah daerah dan warga masyarakat kepada kepala desa untuk memimpin dan membangun desa agar menjadi lebih baik dan sejahtera dimasa yang akan datang.

pt-vale-indonesia

“Pelantikan kepala desa hari ini sebanyak 31 desa merupakan hasil pemilihan kepala desa serentak dari 69 desa yang dilaksanakan pada tanggal 27 Oktober 2018 lalu, sementara 38 kepala daerah lain akan dilantik setelah berakhirnya masa jabatan 38 kepala desa tersebut, yang dilaksanakan pada Juli dan November 2019 mendatang,” ujar Adnan.

Adnan juga mengatakan, para kepala desa yang baru saja dilantik merupakan pilihan rakyat dan merupakan salah satu yang terbaik. Olehnya, segera menyesuaikan diri dengan tugas-tugas kepala desa.

“Khusus bagi kepala desa yang baru, pelajari, pahami dan laksanaka semua peraturan perundang-undangan yang berlaku. Terutama yang berkaitan dengan tugas, wewenang dan kewajiban serta hak dan larangan kepala desa dan membangun kerjasama yang sinergis dengan semua komponen masyarakat,” imbau Adnan.

Keberhasilan pelaksanaan pemerintahan desa sangat tergantung dari kepala desa itu sendiri. Menurut Adnan, kepala desalah yang bersentuhan langsung serta mengetahui dinamika yang terjadi di desanya masing-masing.

“Kepala desa juga berkewajiban membina kehidupan masyarakat, membina perekonomian desa, memelihara ketenteraman, dan ketertiban masyarakat desa serta mendamaikan perselisihan apabila terjadi di desa masing-masing,” harap Adnan.(*)


BACA JUGA