Ilustrasi partai
Ilustrasi.
#

Hitungan Peluang Caleg NasDem di Dapil I Sulsel, Sulit Raih Dua Kursi

Minggu, 30 Desember 2018 | 15:40 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Muhammad Fardi - GoSulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Partai NasDem menargetkan 2 kursi DPR RI melalui Daerah Pemilihan (Dapil) I Sulsel. Dengan komposisi calon anggota legislatif (Caleg) berpengalaman dan tokoh berpengaruh. Hanya saja target itu dinilai sejumlah lembaga survei dan konsultan politik sulit terwujud.

Direktur Indeks Politica Indonesia, Suwadi Idris mengurai, hitung-hitungan jumlah suara yang mesti dipersiapkan partai politik untuk mendapat 2 kursi di Dapil I Sulsel, sudah bisa diperkirakan saat ini.

“Wajib suara gabungan parpol dan caleg 400 ribu suara untuk bisa dapat dua kursi,” kata Suwadi kepada Gosulsel.com, Minggu (30/12/2018).

Tenri Yasin Limpo

Suwadi yang dimintai analisanya perihal kecenderungan kekuatan Caleg NasDem tidak menampik, bahwa partai besutan Surya Paloh ini memiliki daftar caleg yang cukup kuat, namun bagi dia sangat sulit untuk menembus dua kursi. Alasannya lantaran pesaing dari Caleg di partai lain juga relatif kuat.

“NasDem cuma satu kursi, sebab pesaingnya dari partai politik lain juga kuat-kuat. Dapil I, masing-masing hanya potensi satu kursi,” kata Suwadi.

Lebih jauh dia menjelaskan, kekuatan para Caleg NasDem tidak diiringi dengan pemetaan wilayah yang baik. Sehingga, dia menilai suara NasDem sangat sulit merata di semua daerah.

“Sumbangsih suara Caleg NasDem tidak akan merata. Saya lihat sangat sulit tembus di angka 400 ribu suara,” kata dia.

Hal ini juga bisa tercermin dari daftar Caleg NasDem, dimana di beberapa wilayah kemungkinan suara antar Caleg bisa beririsan kekuatan. Seperti basis Hj. Tenri Olle Yasin Limpo dan Indira Chunda Thita yang kemungkinan berebut suara di Kabupaten Gowa dan Takalar.

Selanjutnya putri Wali Kota Makassar Moh Ramdhan ‘Danny’ Pomanto, Aura Aulia Imandara dan Raymond Ardan Arfandy berebut suara di Kota Makassar. 

Meski di beberapa daerah lain, seperti istri Bupati Jeneponto Iksan Iskandar, Hj. Hamsiah Iksan bisa memaksimalkan basis NasDem di Jeneponto, namun dia dinilai akan bersaing kompetitif dengan figur dari partai lain.

Begitupun dengan adik kandung Bupati Selayar Basli Ali, Muhammad Rapsel Ali. Calon menantu KH. Ma’ruf Amin ini dinilai sulit menggarap suara di luar Kabupaten Kepulauan Selayar.

Manager Strategi Jaringan Suara Indonesia (JSI), Nursandy memaparkan, dalam menentukan target NasDem tentu memiliki kalkulasi tersendiri. Jika melihat komposisi Caleg NasDem di Dapil I Sulsel kata dia, optimisme NasDem untuk mengamankan kursi cukup beralasan.

“Tenri Olle, Thita SYL dan Aura Aulia Imandara adalah sebagian nama-nama yang punya modal politik untuk memberikan sumbangsih elektoral ke NasDem,” kata dia.

Meski demikian, dia menilai bahwa target dua kursi NasDem di Dapil I Sulsel adalah misi yang bisa dikatakan sulit.

“Meski memiliki caleg-caleg kompetitif, target 2 kursi bagi Nasdem di Sulsel 1 bisa dikatakan misi yang tergolong sulit. mengingat sejumlah partai lain pun memiliki peluang yang sama mendapatkan perolehan kursi. Saya kira tantangan Nasdem mencapai target tinggi itu,” tandasnya.(*)


BACA JUGA