Andi Luhur Priyanto, Dosen Ilmu Pemerintahan di Unismuh Makassar
#

Istri Kepala Daerah di Pentas Pileg Dinilai Hanya ‘Pemain Pengganti’

Selasa, 01 Januari 2019 | 23:29 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Muhammad Fardi - GoSulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Tampilnya istri-istri kepala daerah di kontestasi Pileg 2019 menjadi fenomena yang dinilai menggembirakan sekaligus mencemaskan. Hal ini diungkapkan oleh pengamat politik dari Universitas Muhammadiyah Makassar, Andi Luhur Priyanto.

“Menggembirakan karena kehadiran mereka ini bisa menjadi representasi keberhasilan politik perempuan di pentas politik, setidaknya secara kuantitatif (jumlah). Dengan demikian para istri-istri itu tidak lagi menjalankan peran-peran tradisionalnya, seperti gunting pita dan membuka lomba kuliner olahan. Minimal, sudah ada kepercayaan bagi mereka untuk tampil di kompetisi jabatan-jabatan publik,” kata Luhur saat dikonfirmasi melalui pesan WhatsApp, Selasa (1/1/2019).

Sementara mencemaskan, kata dia karena fenomena hadirnya istri-istri kepala daerah ini tidak lebih dari patronase kekuasaan suami di partai politik. Mereka bukan subjek otonom, yang merdeka atas pilihannya.

“Perempuan hanya pemain sekunder atau pemain pengganti di kontestasi setelah sang suami tidak bersyarat atau tidak menemukan orang kepercayaan yang lain. Kehadiran istri-istri kepala daerah justru semakin mempertegas oligarki dan dinasti di partai politik,” katanya.



Diketahui ada beberapa istri kepala daerah di Sulsel masuk dalam pentas politik Pileg 2019. Mereka diantaranya istri Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto, Indira Yusuf Ismail.

Selanjutnya istri Bupati Barru Suardi Saleh, Hasnah Syam dan istri Bupati Pangkep Syamsuddin Hamid, Andi Citta Mariogi Idris.

Ada juga, istri Wakil Bupati Tana Toraja Victor Batuan Batara, Nurliah Datuan Batara dan Wakil Bupati Toraja Utara Yosia Rinto Kadang, Eva Stevany Kadang.

Turut pula istri Bupati Luwu Andi Mudzakkar, Andi Tenrikarta Mudzakkar dan istri Bupati Jeneponto Iksan Iskandar, Hj. Hamsiah Ikhsan.(*)


BACA JUGA