Pelindo IV meneken kesepakatan bersama dengan Kemenhub yang diperbarui, Rabu (10/1/2019)

Dirut Pelindo IV Perbarui Kesepakatan Bersama Kemenhub

Kamis, 10 Januari 2019 | 19:14 Wita - Editor: Irwan AR -

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero), Farid Padang melakukan Penandatanganan Kesepakatan Bersama dengan Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Perhubungan RI, Umiyatun Hayati Triastuti di Jakarta, Kamis (10 Januari 2019).

Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero), Farid Padang mengatakan bahwa Kesepakatan Bersama yang ditandatangani tersebut, untuk memperbarui Kesepakatan Bersama dalam rangka lebih meningkatkan Sumber Daya Manusia di Bidang Kepelabuhanan.

“Kesepakatan Bersama ini juga dibuat dengan maksud dan tujuan untuk pemenuhan kebutuhan dan pengembangan sumber daya manusia di bidang Kepelabuhanan, serta sebagai wujud pengabdian masyarakat dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan industri Kepelabuhanan di Indonesia, yang mampu mendatangkan manfaat bersama bagi kedua belah pihak melalui penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan Kepelabuhanan,” jelas Farid.

Adapun, Kesepakatan Bersama tersebut meliputi, pelaksanaan Pendidikan dan Pelatihan di bidang Kepelabuhanan sesuai dengan ketentuan peraturan perundangan, pengabdian masyarakat dan pengembangan program vokasi.

Selanjutnya, peningkatan dan pengembangan kompetensi serta kualitas sumber daya manusia melalui pemberian kesempatan magang, peningkatan kualitas pengembangan sumber daya manusia melalui kerja sama pemanfaatan program pelatihan, pemberian kesempatan pertukaran tenaga ahli dan pemantapan program kepemimpinan.

Selain itu juga, untuk pemanfaatan serta optimalisasi sarana dan prasarana dalam kegiatan penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan sesuai kemampuan dan kewenangan kedua belah pihak.

“Serta pemanfaatan informasi dalam rangka pengembangan Sumber Daya Manusia kedua belah pihak sesuai kebutuhan yang tersedia bagi para pihak, juga pemanfaatan dan pendampingan lulusan sekolah-sekolah di lingkungan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan.” pungkasnya.

Selain PT Pelindo IV, Penandatanganan Kesepakatan Bersama juga dilakukan antara Badan Pengembangan SDM Perhubungan, Kementerian Perhubungan RI dengan PT Dirgantara Indonesia, PT INKA, PT MRT Jakarta, PT Transportasi Jakarta dan Pemerintah Kota Tangerang Selatan.(*)


BACA JUGA