Jajaran pemerintah Kabupaten Gowa menyambut tim verifikasi lapangan 'Kabupaten/Kota Sehat' Provinsi Sulawesi Selatan, di Baruga Karaeng Pattingalloang, Senin (14/1/2019)

Terima Tim Verifikasi Kabupaten Sehat, Bupati Gowa Target Penghargaan Tertinggi

Senin, 14 Januari 2019 | 11:05 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM — Bupati Gowa, Adnan Puricthta Ichasan YL menerima tim verifikasi ‘Kabupaten/Kota Sehat’ Tingkat Provinsi Tahun 2019 di Baruga Karaeng Pattingalloang, Senin (14/1/2019).

“Tim verifikasi ini kan setiap tahun datang ke kabupaten kota untuk melakukan verifikasi sejauh mana kesiapan di setiap kabupaten kota untuk dilakukan penilaian ‘Kabupaten Sehat’,” kata Adnan usai menerima tim verifikasi dari provinsi.

Lanjutnya, Bupati Adnan berharap tahun ini Kabupaten Gowa bisa mendapat penghargaan tertinggi yaitu Penghargaan Swasti Saba Wistara tahun 2019. Menurutnya, Kabupaten Gowa terus mengalami peningkatan prestasi dan saat ini berada pada tingkat menengah.

“Kabupaten Gowa sendiri alhamdulillah setiap tahun malah mengalami peningkatan prestasi mulai dari prestasi tingkat terendah sampai sekarang kita berada di menengah Swasti Saba Wiwerda. Tahun ini kita berharap kita dapatkan Swasti Saba Wistara,” lanjutnya.



Adnan mengakui bahwa untuk mendapatkan penghargaan tertinggi tersebut, indikator penilaiannya cukup banyak dibandingkan dengan penghargaan sebelumnya. Selain itu, penilaiannya juga melibatkan 18 kecamatan dan 167 desa/ kelurahan.

“Memang indikatornya itu cukup banyak dari yang pertama itu kan indikatornya tatanannya hanya 3, terus kita dapat setara madya itu tatanannya menjadi 5. Sekarang tatanannya menjadi 7 sehingga masuk yang namanya sekolah-sekolah masuk ketahanan pangan dan lain lain,” sebutnya.

Namun, Adnan menambahkan untuk mendapatkan penghargaan tersebut, Pemerintah Kabupaten Gowa sudah mempersiapkan dari tahun 2018 lalu.

“Makanya kita punya Perda Nomor 1 Tahun 2018 terkait dengan Perda Kabupaten Sehat. Saya pikir ini merupakan salah satu indikator yang akan menunjang untuk Kabupaten Gowa bisa mendapatakan Swasti Saba Wistara,” tambahnya.(*)


BACA JUGA