Bupati Bulukumba Andi Sukri Sappewali, saat menerima tim verifikasi Kabupaten Sehat tingkat Provinsi Sulawesi Selatan, Rabu (23/1/2019)
#

Bulukumba Optimis Raih Swasti Saba Wistara untuk Kali Kedua

Rabu, 23 Januari 2019 | 22:33 Wita - Editor: Irwan Idris - Kontributor: Asmaun - Gosulsel.com

BULUKUMBA, GOSULSEL.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulukumba kembali berobsesi menjadi kabupaten sehat dengan meraih penghargaan Swasti Saba Wistara yang diperoleh pada tahun 2017 yang lalu. Guna mencapai target itu, sejumlah pihak yang terlibat mempersiapkan berbagai hal sebagai syarat untuk memperoleh penghargaan tersebut.

Demikian diungkapkan Bupati Bulukumba Andi Sukri Sappewali, saat menerima tim verifikasi Kabupaten Sehat tingkat Provinsi Sulawesi Selatan, Rabu (23/1/2019) di ruang pola Kantor Bupati Bulukumba.

“Namun sebaiknya kita membudayakan hidup bersih dan lingkungan yang sehat.  Membangun kesehatan dari semua aspek merupakan keharusan yang mesti dilakukan pemerintah dengan pelibatan masyarakat,” kata Bupati.

Jadi sedapat mungkin, imbuhnya, untuk menerapkan pola hidup bersih dan lingkungan yang sehat, bukan hanya karena ingin mendapat penghargaan. Tapi masyakat memang harus bertekad membangun kesehatan masyarakat yang lebih luas.



Sementara itu, kunjungan Tim Verifikasi Kabupaten Sehat di Bulukumba selama dua hari akan melakukan evaluasi dan verifikasi dokumen laporan dan kroscek di lapangan terkait kondisi terkini Kabupaten Bulukumba dalam kesiapan menerima predikat Kabupaten Sehat.

Ketua Tim Verifikasi, Kasri mengatakan, Bulukumba harus lolos verifikasi dokumen. Olehnya itu, terlebih dahulu pihaknya akan  mengecek ketersediaan data dalam dokumen laporan yang telah disiapkan untuk kemudian dikirim ke pusat.

“Kalau kabupaten tidak lolos dokumen, maka tim verifikasi pusat tidak akan turun mengecek. Intinya kabupaten sehat itu adalah proses. Yang kita mau lihat itu prosesnya, diawali darimana dan bagaimana  keterlibatan masyarakat,” ungkap Kasri.(*)


BACA JUGA