Apel Persiapan Latihan Pam Pemilu, Koopsau II Libatkan 3750 Personel

Selasa, 29 Januari 2019 | 10:14 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Komando Operasi Angkatan TNI Angkatan Udara (Pangkoopsau) II libatkan 3750 personel pada apel kesiapan latihan pengamanan pemilihan umum Presiden dan Wakil Presiden serta pemilihan calon legislatif, Selasa (29/1/2019) di Lapangan Apel I Makoopsau II Makassar.

Kepala Staf Koopsau II Marsma TNI Age Wiraksono memimpin pelaksanaan Apel tersebut. Dalam amanatnya Marsma TNI Age Wiraksono yang membacakan amanat Pangkoopsau II, Marsda TNI Henri Alfiandi mengatakan bahwa latihan Pam Pemilu tahun 2019 bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan satuan jajaran Koopsau II agar profesional dan handal dalam melaksanakan tugas perbantuan kepada Pemda dan Polri dalam rangka turut mensukseskan Pam Pemilu Legislatif dan Presiden tahun 2019.

pt-vale-indonesia

“Latihan kali ini mengusung tema ‘Koopsau II melaksanakan latihan pengamanan pemilihan umum Legislatif dan Presiden di wilayahnya dalam rangka mendukung tugas pokok TNI,” ujarnya.

Lebih lanjut Marsda TNI Henri Alfiandi dalam sambutan tertulisnya mengatakan formulasi latihan yang diharapkan, tentunya tidak hanya ditujukan untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan  satuan jajaran Koopsau II dalam mengamankan pemilu Legislatif dan Presiden tahun 2019. Tetapi sekaligus juga untuk meningkatkan dan memantapkan koordinasi satuan-satuan jajaran Koopsau II dalam bentuk kerjasama kodal dalam mendukung terselenggaranya pengamanan pemilihan umum. 

“Sehingga akan didapat pengalaman, baik bagi perorangan maupun satuan dalam merencanakan operasi, guna menghadapi gangguan yang kemungkinan terjadi di wilayah Koopsau II, dan siap untuk melaksanakan tugas-tugas perbantuan bila sewaktu-waktu diperlukan,” lanjutnya.

Olehnya itu, Alumni US Air War College (Lemhanas) di Amerika serikat ini berharap para peserta latihan dapat memanfaatkan latihan tersebut secara optimal dengan dilandasi semangat untuk dapat meningkatkan kemampuan perorangan maupun satuan. 

“Oleh karena itu untuk menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan selama latihan berlangsung, saya minta  seluruh peserta  latihan, termasuk juga tim pendukung untuk selalu mengikuti petunjuk dan prosedur yang diberikan oleh kolat. lakukanlah cek dan re-cek perlengkapan, dan yang tidak kalah penting adalah utamakan keselamatan, kesiapan fisik dan mental dari seluruh peserta latihan. Berdoalah memohon keselamatan kepada Tuhan Yang Maha Esa, sehingga latihan dapat berlangsung dengan lancar, aman dan selamat,” ujar Henri Alfiandi.

Ia juga meminta kepada seluruh peserta latihan untuk senantiasa serius, fokus dan semangat dalam melaksanakan setiap tahapan latihan sesuai dengan yang direncanakan, lakukan setiap tahapan latihan sesuai dengan prosedur yang telah ditentukan, sehingga dapat meningkatkan kemampuan para peserta latihan menjadi lebih profesional. 

“Tuntutan profesionalisme ini menjadi sesuatu yang tidak boleh ditawar-tawar, hal ini terkait dengan kesiapan kita guna menghadapi pemilihan umum Legislatif dan Presiden tahun 2019 di wilayah Jajaran Koopsau II, dan apabila pada pelaksanaan latihan masih terdapat kekurangan agar dijadikan koreksi dan evaluasi sehingga pada pelaksanaan nyata di lapangan akan lebih baik sehingga tujuan dan sasaran pengamanan dapat tercapai,” tandasnya.

Sekedar diiketahui Apel tersebut dihadiri oleh para pejabat Makoopsau II, Para perwira, Bintara, Tamtama dan Pegawai Negeri Sipil Makoopsau II serta Para Pelaku Latihan dari seluruh Lanud Jajaran Koopsau II.(*)

Tags:

BACA JUGA