Peringatan Hari Ulang Tahun HUT Ke-73, TNI Angkatan Udara di Makassar menggelar upacara di Apron Galaktika Lanud Sultan Hasanuddin, Selasa (9/4/2019).

HUT Ke-73, TNI AU di Makassar Gelar Upacara. Ini Pesan Kasau

Selasa, 09 April 2019 | 10:58 Wita - Editor: Irwan AR - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Peringatan Hari Ulang Tahun HUT Ke-73, TNI Angkatan Udara di Makassar menggelar upacara di Apron Galaktika Lanud Sultan Hasanuddin, Selasa (9/4/2019). Pada upacara tersebut bertindak selaku Inspektur Upacara Ir Koopsau II Kolonel Tek M. Sardar Gaffar.

Dalam sambutannya, Ir Koopsau II Kolonel Tek M. Sardar Gaffar yang membacakan sambutan Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) mengatakan bahwa upacara hari jadi ke-73 TNI AU tersebut mengusung tema “Berlandaskan Jiwa Profesional, Militan, Inovatif, Dan Kemanunggalan Bersama Rakyat, Tni Au Siap Melaksanakan Tugas Matra Udara Dalam Mendukung Tugas Pokok TNI”.

“Tema tersebut adalah cerminan dan tekad TNI Angkatan Udara, untuk bersama-sama membulatkan tekad dan semangat dalam melaksanakan tugas matra udara dalam rangka mendukung pelaksanaan tugas pokok TNI, yang muaranya demi mempertahankan Kedaulatan dan keutuhan Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Oleh karenanya, momentum peringatan kali ini menjadi sangat penting dan bermakna dalam peningkatan profesionalitas, militansi dan inovasi sehingga TNI Angkatan Udara akan selalu berhasil dalam pelaksanaan tugas,” ujarnya.

Lanjut Inspektur Upacara Kolonel Tek M. Sardar Gaffar, mengatakan bahwa beberapa program prioritas TNI Angkatan Udara yang akan dilaksanakan pada Tahun Anggaran 2019 ini yaitu melanjutkan program road to zero accident untuk mempertahankan zero accident, mempercepat program pengadaan alutsista, memperkuat organisasi dan sistem pertahanan udara.



“Selain itu, juga pembangunan Network Centric Warfare. Disamping itu TNI Angkatan Udara akan membentuk satuan baru yaitu Skadron Udara 33, Skadron Udara 27, Satrudal Pam Ibu Kota, serta 3 Detasemen Hanud di IWJ, RSN dan RSA. Begitu juga ada beberapa Lanud akan ditingkatkan menjadi tipe A, yaitu Lanud SMO, ELI, SRI, berikutnya Lanud tipe C akan dibangun di Batam, Saumlaki, Wamena, serta ditambah Pos Angkatan Udara di Sorong,” lanjutanya.

Tak hanya itu, Kasau sambutannya yang dibacakan oleh Kolonel Tek M. Sardar Gaffar juga mengingatkan jelang Pemilihan Umum yang akan dilaksanakan pada tanggal 17 April 2019 mendatang, ia berharap seluruh personel TNI Angkatan Udara dapat menjaga soliditas dan sinergitas, baik di internal TNI Angkatan Udara, antar angkatan, serta antar Lembaga pemerintah, termasuk dengan Polri.

“Seluruh personel TNI Angkatan Udara harus memegang teguh komitmen netralitas dalam Pemilu tahun 2019. Tingkatkan kewaspadaan dan kehati-hatian dalam berperilaku di lingkungan masyarakat, jangan mudah terprovokasi dan jangan melakukan tindakan yang dapat mencoreng nama baik TNI Angkatan Udara,” tegasnya.

Sementara itu di akhir sambutannya Kasau juga menggugah semangat seluruh personel dan generasi penerus TNI Angkatan Udara untuk terus mengejar mimpi-mimpi yang yang belum terwujud. Menurutnya, tidak harus menunggu menjadi sosok yang hebat, atau menduduki jabatan yang tinggi, untuk mewujudkan mimpi-mimpi itu. Yang terpenting menurutnya adalah memulai daro sekarang, dan mulai dari diri sendiri, dimanapun dan apa pun pangkat atau jabatan.(*)


BACA JUGA