Aktif Bantu Penanganan Bencana, Pangkoopsau II Terima Penghargaan dari Panglima TNI

Sabtu, 02 Februari 2019 | 00:40 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

JAKARTA, GOSULSEL.COM – Panglima Komando Operasi TNI Angkatan Udara (Pangkoopsau) II Marsda TNI Henri Alfiandi, menerima Penghargaan dari Panglima TNI sebagai Panglima Komando Utama Operasi (Pangkotamaops) TNI terbaik yang memiliki keperdulian yang tinggi terhadap penanggulangan Bencana Alam di Indonesia.

Penghargaan sebagai Panglima Komando Utama Operasional (Pangkotamaops) TNI Terbaik TNI AU diserahkan langsung oleh Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjanjanto, bertempat di Gedung Gatot Subroto Denma Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis kemarin (31/1/2019).

pt-vale-indonesia

Usai menerima penghargaan Marsda TNI Henri Alfiandi mengatakan bahwa penghargaan yang ia terima merupakan hasil kerja keras seluruh Prajurit dan PNS TNI Angkatan Udara khususnya yang bertugas di Koopsau II serta Lanud Jajarannya.

Ia menyebutka bahwa ketika terjadi bencana Gempa di Lombok Nusa Tenggara Barat (NTB) Koopsau II telah mengerahkan Pesawat Hercules yang dimilikinya untuk droping logistik, obat-obatan, tenaga medis dan tenaga relawan untuk membantu masyarakat kita yang tertimpa musibah.

“Bukan Hanya itu Persatuan Istri TNI Angkatan Udara PIA Ardhya Garini Daerah II Koopsau II ikut mengambil bagian dengan mengumpulkan sumbangan dari keluarga besar TNI Angkatan Udara kemudian disalurkan ke daerah bencana di Lombok,” ujarnya.

Selain itu, ia juga mengungkapkan bahwa TNI Angkatan Udara juga memilikk andil pada penanganan bencana Berupa Gempa Bumi disusul Sunami di Palu Sulawesi tengah, yang memporak-porakdakan Kota Palu dan sekitarnya dan menelan korban nyawa ribuan manusia bahkan telah merusak dan membuat retak landasan pacu Bandara Udara Palu kurang lebih 400 meter.

“Maka Koopsau II adalah Kotamaops TNI yang pertama menggerakkan Alutsista dan personelnya untuk terjun di daerah bencana tersebut dengan menerbangkan Pesawat Helikopter Jenis Puma Milik TNI Angkatan Udara yang membawa Personel TNI Angkatan Udara,” sebutnya.

Pangkoopsau II Marsda TNI Henri A lfiandi juga menyebutkan baru baru ini ikut membantu ketika terjadi bencana banjir di Sulawesi Selatan, khususnya di Kotamadya Makassar, Kabupaten Maros, Kabupaten Jeneponto dan Kabupaten Gowa dalam hal penyaluran ligisgik ke tempat yang terisolir menggunakan helikopter dan mengevakuasi sejumlah korban.

“Kami juga memerintahkan untuk mengerahkan Alutsista dan personel Koopsau II agar membantu saudara-saudara kita yang tertimpa bencana banjir,” tambahnya.

Selain Marsda TNI Henri A lfiandi, Pangkotama lain yang menerima penghargaan adalah TNI Angkatan Darat diberikan kepada Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Benny Susianto, Pangdam Jaya Mayjen TNI Eko Margiyono, Pangdam Iskandar Muda Mayjen TNI Teguh Arief Indratmoko, dan Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Irwan. Untuk TNI Angkatan Laut diberikan kepada Pangkoarmada I Laksamana Muda TNI Yudo Margono.

Sementara itu, Kepala Peneranagan Koopsau II, Mayor Sus Husban Abady mengatakan bahwa penghargaan yang diterima oleh Pangkoopsau II Marsda TNI Henri Alfiandi, membuat bangga seluruh Prajurit dan PNS TNI Angkatan Udara, khususnya yang bertugas di Koopsau II beserta Lanud jajarannya.

“Ini sesui visi misi beliau yaitu ‘Koopsau II Yang Unggul dan Melaksanakan Tugas Pokok Plus Plus Plus’,” Kata Mayor Sus Husban Abady, Jumat (1/2/2019).(*)


BACA JUGA