Kepala Pusat Pengabdian Masyarakat UIN Alauddin Makassar, Gazali Suyuti saat memberikan sambutan pada pembekalan KKN angkatan 60 di Gedung Auditorium Kampus II UIN Alauddin Makassar, Selasa (12/2/2019)

UIN Alauddin Makassar Kirim Mahasiswa KKN ke Lokasi Terdampak Bencana

Selasa, 12 Februari 2019 | 20:38 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM — Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar akan mengirim Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) angkatan 60 ke lokasi terdampak bencana banjir dan longsor yang terjadi di dua kabupaten, yaitu Kabupaten Gowa dan Jeneponto pada Januari lalu. 

Hal ini disampaikan langsung oleh Kepala Pusat Pengabdian Masyarakat UIN Alauddin Makassar, Gazali Suyuti saat memberikan sambutan pada pembekalan KKN angkatan 60 di Gedung Auditorium Kampus II UIN Alauddin Makassar, Selasa (12/2/2019).

pt-vale-indonesia

Gazali Suyuti mengaku, pihaknya telah melakukan kerjasama dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Gowa dan Jeneponto untuk menempatkan mahasiswa KKN di setiap desa berdampak bencana.

Mantan Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Sulawesi Selatan ini juga mengatakan mahasiswa KKN UIN Alauddin Makassar tersebut akan ditugaskan untuk melakukan trauma healing atau pemulihan trauma kepada masyarakat yang terkena dampak bencana alam.

“Mahasiswa KKN UIN Alauddin Makassar yang akan ditempatkan di lokasi berdampak bencana akan dibekali pengetahuan dalam melakukan trauma healing, baik secara teknis maupun psikologis dari BNPB,” ujarnya.

Selain itu, Pendiri Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pramuka UIN Alauddin ini berharap, dengan trauma healing yang akan dilakukan oleh Mahasiswa KKN UIN Alauddin Makassar dapat membantu pemulihan korban bencana dan membangkitkan kembali semangat masyarakat.

Diketahui, KKN UIN Alauddin Makassar angkatan 60 tahun 2019 ini diikuti oleh 3037 mahasiswa yang akan ditempatkan di 12 kabupaten 30 kecamatan dan 320 desa.(*)


BACA JUGA