Ilustrasi

Ternyata, Berenang Bisa Bantu Atasi Sedih Karena Patah Hati

Senin, 18 Februari 2019 | 12:07 Wita - Editor: Andi Nita Purnama -

GOSULSEL.COM — Patah hati merupakan hal yang wajar dialami seseorang yang sedang putus cinta atau mungkin dikecewakan oleh seseorang. Sindrom patah hati ternyata tidak bisa dianggap enteng. Meskipun disebabkan oleh perasaan atau emosi namun patah hati bisa mendorong pada kesehatan fisik juga.

Menurut seorang psikolog, Deborah Serani Psy.D., dikutip dari situs Psychology Today, patah hati yang luar biasa dalam bisa membuat imunitas kita menurun serta meningkatkan tekanan darah dan detak jantung yang tentunya berpengaruh buruk pada kesehatan. Selain itu, yang tidak boleh dianggap enteng adalah perasaan depresi karena patah hati. Menurutnya, orang yang memiliki kecenderungan depresi dan mengalami patah hati berisiko untuk meninggal lima kali lebih besar daripada orang yang mengalami depresi saja atau punya masalah jantung.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi patah hati. Sebagian orang memilih untuk tiduran dan menenangkan diri, ada yang memilih untuk mendengarkan lagu melankolis, ada pula yang memilih untuk pergi ke tempat wisata atau alam terbuka agar pikiran lebih fresh. Namun, tahukah Anda jika kita bisa mengatasi patah hati dengan berenang?

Banyaknya gerakan dalam air pada olahraga berenang ini dapat meningkatkan hormon endorfin yang akan memicu keadaan hati lebih tenang dan nyaman. Hal ini dapat menurunkan tingkat stres kita. Bersentuhan dengan air pun menciptakan tubuh lebih sejuk sehingga suasana hati dan pikiran akan terbawa ke suasana yang demikian.

Sementara itu, menurut pakar kesehatan psikologi Aimee Kimball dari Center for Sports Medicine yang ada di University of Pittsburgh Medical Center, berenang tak hanya baik bagi kesehatan fisik, namun juga mampu menurunkan rasa sedih, cemas, hingga depresi dengan signifikan.

Hal tersebut terjadi karena ketika Anda sedang berenang, tubuh Anda akan melepaskan endorfin, senyawa alami di dalam otak yang bisa memunculkan perasaan bahagia, bahkan euforia. Zat endorfin ini yang akan mengatasi rasa sedih, menghilangkan stres, dan meningkatkan perasaan senang.

Selain itu, berenang punya banyak manfaat lainnya untuk kesehatan. Jika rutin berenang, Anda akan merasa lebih berenergi. Ini terjadi karena sistem metabolisme tubuh Anda meningkat. Maksudnya, tubuh jadi lebih maksimal dalam menggunakan karbohidrat atau lemak sebagai sumber energi. Hal ini akan membuat Anda jadi lebih bersemangat dalam menjalani hari.(*)


BACA JUGA