Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) PAN Makassar, Hasanuddin Leo
#

PAN Makassar Siapkan Saksi Berlapis

Jumat, 08 Maret 2019 | 19:57 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Muhammad Fardi - GoSulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — DPD PAN Kota Makassar menyiapkan 3.998 saksi yang akan dimandatir langsung oleh partai berlambang matahari putih ini. Jumlah tersebut berdasarkan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang ada di Kota Makassar.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) PAN Makassar, Hasanuddin Leo mengatakan, jumlah tersebut baru yang mendapatkan mandat dan akan menyaksikan langsung pemilihan dan rekapitulasi dari dalam TPS. Namun tetap ada saksi luar yang mem-backup-nya.

“Jadi mungkin tambahan-tambahannya, kita menggunakan saksi luar untuk mem-backup saksi yang ada di dalam. Seperti itu, sehingga kemungkinan-kemungkinan kesalahan yang terjadi di setiap TPS itu sejauh mungkin bisa kita antisipasi,” tuturnya.

Hanya saja, dia belum bisa memastikan berapa jumlah saksi luar yang disiapkan oleh PAN.

“Sampai saat ini, secara kepartaian belum diputuskan. Tapi saya secara pribadi pasti akan menggunakan minimal satu saksi luar. Dan itu saya kira akan dibackup dengan tim – tim yang lain untuk melihat masing-masing kondisi di TPS,” ujarnya.

Dijelaskan lebih jauh, saksi tidak hanya menyaksikan proses pemilihan hingga rekapitulasi. Tapi saksi wajib menggalang suara atau pemilih untuk caleg PAN.

“Saya kira itu menjadi kewajiban, karena yang kita percayakan sebagai saksi adalah kader kita atau konstituen kita. Jadi diminta atau tidak diminta dia harus bertanggung jawab mengembangkan saya sebelum dia menjadi saksi,” ujarnya.

Saat ini, kata dia, rekruitmen saksi PAN sudah tahap finalisasi. Dipastikan juga, saksi PAN tidak akan bermain-main dengan caleg dari partai lain atau bahkan partai lain.

“Ini kan saksi yang kita rekrut adalah kader kita sendiri. Oleh karenanya kita bisa yakini bahwa tidak akan bermain seperti itu. Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, makanya kita juga menggunakan saksi luar untuk memantau saksi-saksi yang ada,” tandasnya.(*)


BACA JUGA