Target Pariwisata Indonesia, Benteng Rotterdam, Wisatawan Mancanegara

BPS Sulsel Catat Kunjungan Wisman Menurun, ASITA: Tiket Masih Mahal

Minggu, 10 Maret 2019 | 15:39 Wita - Editor: Irwan AR - Reporter: Dila Bahar - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM–Badan Pusat Statistik (BPS) Sulsel mencatat, jumlah wisatawan mancanegara (wisman) yang datang melalui pintu masuk Makassar pada Januari 2019 mencapai 839 kunjungan.

Jumlah wisman tersebut menurun sebesar 40,33 persen jika dibandingkan dengan jumlah wisman pada bulan Desember 2018 yang mencapai 1.406 kunjungan.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Asosiasi Perusahaan Perjalanan Indonesia (ASITA) Sulawesi Selatan, Didi L Manaba mengatakan, hal ini terjadi karena masih mahalnya harga tiket pesawat. Sebab, kata dia salah satu acuan yang membuat orang ingin melakukan perjalanan wisata adalah harga tiket pesawat.

“Sejak akhir tahun lalu agen wisata mengalami penurunan pendapatan yang begitu signifikan. Apalagi kita ini negara kepulauan, tidak sama dengan negara-negara lainnya yang bisa diakses melalui daratan,” ujar Didi saat dikonfirmasi. Minggu (10/03/2019)

Apabila harga tiket pesawat tidak turun, ia khawatir masyarakat Indonesia dengan tingkat pertumbuhan ekonomi yang tidak merata akan mengeluhkan hal tersebut.

“Ini akan membuat orang sulit bergerak, khususnya wisatawan. Kalau yang dinas kan enak dibayarkan sama kantornya, masyarakat biasa? Pasti lebih memilih untuk menggunakan uangnya ke hal lain,” jelasnya. (*)


BACA JUGA