Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) ASITA Sulsel, Didi Leonardo Manaba

Ibadah Haji 2020 Dibatalkan, ASITA Sulsel Harap Kuota Jamaah Bertambah Tahun Depan

Rabu, 03 Juni 2020 | 21:58 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Kementerian Agama (Kemenag) RI telah memutuskan untuk membatalkan pelaksanaan ibadah haji 2020. Keputusan tersebut lantas menjadi sorotan pelbagai pihak.

Salah satunya ialah dari Association of the Indonesian Tour and Travel Agencies (ASITA) Sulawesi Selatan (Sulsel). Ketua ASITA Sulsel, Didi L Manaba mengatakan bahwa pihaknya menyayangkan keputusan tersebut.

Meski begitu, ia tahu bahwa keputusan yang diambil oleh pemerintah ini untuk mencegah penyebaran Corona atau Covid-19. Apalagi, kata dia, Indonesia saat ini telah memiliki jumlah kasus Corona yang tinggi.



“Sangat disayangkan. Namun itulah kebijakan pemerintah yang harus dimaklumi, tentu mereka penuh pertimbangan dan tidak mudah untuk ambil keputusan,” ujarnya saat dihubungi, Selasa (2/6/2020).

Ia pun berharap agar Indonesia segera bisa pulih dari pandemi ini. Sehingga pihak pemerintah pusat bisa membicarakan kepada pemerintah Arab Saudi, mengenai penambahan kuota jamaah untuk tahun 2021. 

“Kami tetap berharap pemerintah bersama masyarakat terus berupaya agar negara kita bisa segera keluar dari pandemi ini dan melobi pihak kerajaan Saudi untuk menambah kuota haji yg signifikan tahun depan,” harapnya.

Sebelumnya, Menteri Agama (Menag) RI, Fachrul Razi yang mengumumkan secara langsung terkait pembatalan ibadah haji tahun 2020. Keputusan ini diambil lantaran pemerintah harus mengutamakan keselamatan jamaah. Sebab, Indonesia berada di tengah pandemi Corona atau Covid-19 yang belum usai.(*)


BACA JUGA