#

Lagi, Gempa 3.1 SR Guncang Luwu Timur

Minggu, 10 Maret 2019 | 12:06 Wita - Editor: Irwan AR - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

LUWU TIMUR, GOSULSEL.COM – Gempa bumi berkekuatan 3.1 skala rikter (SR) mengguncang Kabupaten Luwu Timur, Minggu (10/3/2019) sekitar pukul pukul 10:16 WITA.

Staf BMKG Pusat Gempa Regional (PGR) Wilayah IV Makassar, Kaharuddin yang dihubungi melalui pesan Whatsapp menyebutkan bahwa berada di kedalaman 10 kilometer.

pt-vale-indonesia

“Info Gempa 3.1 SR, terjadi sekitar 10:16:41 WITA, Lokosi:2.56 LS, 121.23 BT yaitu 71 Kilometer Timur Laut Luwu Timur- Sulawesi Selatan, Kedalaman:10 kilometer dan ini dirasakan I-II MMI di Soroako,” ujarnya.

Terkait penyebabnya, Kaharuddin menjelaskan gempa diakibatkan adanya pergerakan sesar matano seperti yang terjadi minggu lalu di Kabupaten Luwu Utara.

“Ini masih sama dengan gempa-gempa sebelumnya yang terjadi rutin di sepanjang sesar matano. Rata-rata potensi gempanya dibawah 5 SR,” jelasnya.

Ia juga meminta kepada warga agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

“Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (www.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (iOS dan Android @infobmkg). Masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan terus mengikuti informasi BMKG,” tambahnya.(*)


BACA JUGA