UKM Pramuka UIN Alauddin Makassar perkenalkan organisasi kepramukaan di kalangan santri di Pondok Pesantren (Ponpes) Tahfidzul Qur'al Al-Imam Ashim Makassar, Selasa (12/3/2019)

UIN Makassar Perkenalkan Pramuka ke Santri Tahfiz Al Imam Ashim

Selasa, 12 Maret 2019 | 23:37 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pramuka Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar perkenalkan organisasi kepramukaan di kalangan santri di Pondok Pesantren (Ponpes) Tahfidzul Qur’al Al-Imam Ashim Makassar, Selasa (12/3/2019).

Kegiatan sosialisasi tersebut dihadiri langsung oleh kedua Pembina Pramuka UIN Alauddin Makassar, Muhammad Shuhufi dan Fatmawati Hilal. Dalam sambutannya, Muhammad Shuhufi menjelaskan bahwa pramuka merupakan organisasi resmi negara yang bertujuan sebagai wadah pendidikan karakter generasi muda.

Sementara itu, lanjutnya khusus Pramuka UIN Alauddin Makassar, pramuka juga digunakan sebagai media malakukan gerakan – gerakan dakwah yang dikonsep dalam bentuk kajian. “Pramuka mengajarkan yang namanya latihan kepemimpinan baris berbaris yang bertujuan membangun sikap disiplin pada diri,” ujarnya di hadapan puluhan santri penghafal Alquran.



Tak hanya itu, Dosen Fakultas Dakwah dan Komunikasi ini juga menambahkan kegiatan pramuka juga mengajarkan tentang cara toleransi bersaudara yang biasa disebut ukhwa insania (persaudaraan sesama manusia) dan ukhwa wathaniyah (persaudaraan antar bangsa).

“Di mana yang di dalam gerakan pramuka dikonsep sebagai pembinaan beregu atau berkelompok,” tambahnya.



Sedangkan salah seorang pengurus UKM Pramuka UIN Alauddin Makassar, Muh Ischak mengatakan bahwa pendidikan kepramukaan sangat penting ditanamkan sejak dini untuk membentuk karakter anak-anak sebagai penerus bangsa ini.

“Tentu ini sangat penting sebagai wadah pembinaan karakter. Pramuka sangat penting untuk melakukan pembinaan karakter untuk membangun rasa cinta tanah air dan rasa persatuan sesama masyarakat Indonesia,” ujarnya.

Ke depan Ponpes Al Imam Ashim kampus 2 yang berada di samping kanal Tamangapa Makassar ini akan dijadikan sekolah binaan oleh UKM Pramuka UIN Alauddin Makassar.

“Insya Allah, Ponpes Tahfidzul Qur’an Al-Imam Ashim akan menjadi sekolah binaan UKM Pramuka UIN Alauddin Makassar,” ujar Fatmawati Hilal yang juga Pembina Putri Pramuka UKM Pramuka UIN Alauddin Makassar.(*)


BACA JUGA