Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pramuka Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar menggelar Upacara Peringatan Hari Lahir (Harlah) atau Milad ke 39 tahun di Kawasan Benteng Somba Opu, Jum'at (8/11/2019).

Pramuka UIN Alauddin Makassar Rayakan Milad ke-39

Jumat, 08 November 2019 | 14:35 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pramuka Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar menggelar Upacara Peringatan Hari Lahir (Harlah) atau Milad ke 39 tahun di Kawasan Benteng Somba Opu, Jum’at (8/11/2019).

Dalam laporannya, Ketua Reka Kerja, Muhajir Hayyun mengatakan upacara tersebut merupakan salah satu rangkaian dari peringatan Hari Lahir atau Milad Pramuka UIN Alauddin Makassar.

muhammad-ismak

Muhajir menyebutkan bahwa beberapa ruang Milad Pramuka UIN Alauddin Makassar yaitu kegiatan Pra Harlah yang diisi dengan berbagi macam lomba.

“Harlah Gugus Depan (Gudep) memiliiki bebrapa rangakain yaitu pra harlah, uoacara harlah yang dirangkaikan kemah pandega seperti yang kita laksanakan hari ini dan malam puncak yang Insya Allah akan dilaksanakan besok tanggal 9 November,” ujarnya.

Muhajir juga menyebutkan bahwa kegiatan Kemah Pandega tersebut melibat Beberapa perguraun tinggi keagamaan yang ada di Sulawesi Selatan. Seperti Pramuka Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo, IAIN Pare-Pare, Universitas Muslim Maros (UMMA) dan STAI Algazali Bulukumba.

Sementara itu, mewakili Rektor UIN Alauddin Makassar, Wakil Dekan III Fakultas Syariah dan Hukum, Muh Saleh Ridwan bertindak selaku pembina upacara dan sekaligus membuka kegiatan Kemah Pandega.

Dalam sambutannya, Saleh Ridwan yang juga mantan Pengurus Pramuka UIN Alauddin Makassar berharap kegiatan Milad tersebut dapat dijadikan sebagai bahan introspeksi atau bermuhasabah.

“Saya mengharapkan Pramuka UIN di usia ke 39 tahun perlu mengefaluasi diri atau dalam bahasa arabnya bermuhasabah. Saya kira apa yang sudah diraih oleh kaka kakak – kakak terdahulu perlu dikembangkan atau lebih maju lagi,” ujarnya.

Selain itu, Muh Saleh Ridwan juga berharap kegiatan Kemah pandega yang diikuti oleh beberapa perguruan tinggi keagamaan di Sulsel tersebut dapat menjadi ajang silaturahmi dan memperat persatuan.

“Mudah-mudahan keberadaan Pramuka dari beberapa perguruan tinggi keagamaan ini dapat membawa manafaat dan dapat menjalin silaturahim seperti tema yang ada. Persatuan dan kebersamaan itu sangat penting. Siapa yang mau dipanjangkan umurnya dan dimudahkan reskinya bangun silaturahmi, itu kata Nabi,” tambahnya.

Tak lupa, Mewakili Rektor UIN Alauddin Makassar yang juga merupakan Ketau Majelis Pembimbing Gugusdepan (Kamabigus), Muh Saleh Ridwan mengucapkan selamat Milad kepada Pramuka UIN Alauddin Makassar.

Turut hadir dalam uoacara tersebut, Ketua Gudep 10-074 Kamsinah, Pembina Putra Pramuka UIN Alauddin Makassar, Muhammad Shuhufi, Sekretari Mabigus, Harjun Rahim dan sejumlah Purna Pramuka UIN Alauddin Makassar.(*)


BACA JUGA