Sekretaris DPC Demokrat Kota Makassar, Abdi Asmara
#

Demokrat Anjurkan Caleg Siapkan Saksi Berlapis

Sabtu, 16 Maret 2019 | 20:37 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Muhammad Fardi - GoSulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Partai Demokrat membuka ruang bagi calon legislatif (caleg) yang ingin menyiapkan saksi berlapis atau saksi bayangan pada pemilu 17 April 2019 nanti. 

Sekretaris DPC Demokrat Kota Makassar, Abdi Asmara mengatakan untuk distribusi saksi dibagi merata ke semua caleg berdasarkan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) setiap dapil. Sehingga untuk penempatan lebih dari satu saksi, pihaknya juga menyerahkan kepada masing-masing caleg.

“Kalau caleg-caleg mau menempatkan dua saksi, silahkan,” kata Abdi Asmara, Sabtu (16/3/2019).

Yang pasti, kata Abdi, Demokrat akan selalu mengikuti aturan KPU. Di mana hanya menerbitkan satu mandat saksi untuk satu TPS. Saksi yang mendapat mandat ini yang memiliki kewenangan untuk menyaksikan tahapan pencoblosan hingga rekapitulasi suara dari dalam TPS.

Sementara, untuk saksi berlapis atau saksi bayangan, menurut dia bisa menyaksikan tahapan pencoblosan dan rekapitulasi dari luar TPS.

“Kalau caleg-caleg Demokrat tempatkan saksi bayangan, yah silahkan. Kita memang anjurkan seperti itu. Dan semua caleg yang menempatkan saksi harus mencoblos di TPS itu,” kata dia.(*)


BACA JUGA