Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, Muchlis memimpin proses pergantian jaga Pasukan Tubarani Istana Balla Lompoa, Minggu (17/3/2019)

Tiap Tanggal 17 Masyarakat Bisa Menyaksikan Kirab Pasukan Tubarani Istana Balla Lompoa Gowa

Senin, 18 Maret 2019 | 00:44 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM – Dengan menggunakan pakaian adat berwarna merah tampil lengkap dengan senjata khas serta panji-panji kerajaan Gowa, sejumlah pasukan tubarani hadiri prosesi pergantian jaga pasukan Tubarani Museum Istana Balla Lompoa Kabupaten Gowa yang digelar Minggu (17/3/2019) pukul 17.00 Wita di halaman Museum Istana Balla Lompoa.

Prosesi tersebut sudah rutin dilakukan dan menjadi agenda tetap Pemkab Gowa setiap tanggal 17 di bulan berjalan. Pergantian jaga pasukan Tubarani pada dasarnya akan menggantikan pasukan yang telah bertugas jaga selama sebulan penuh kemudian diganti lagi oleh tim pasukan Tubarani yang baru.

pt-vale-indonesia

Pergantian jaga kali ini dipimpin Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Gowa Muchlis serta dihadiri para anggota Forkopimda dan jajaran pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lingkup Pemerintah Kabupaten Gowa.

Muchlis di sela prosesi pergantian jaga tersebut mengatakan giat ini sebagai salah satu kekayaan budaya yang dimiliki Kabupaten Gowa dan harus terus dijaga.

“Semoga prosesi adat pergantian jaga ini makin lestari sehingga menjadi sebuah event wisata di Gowa,” jelas Muchlis.

Sementara itu, Kepala Seksi (Kasi) Promosi Pariwisata Dinas Pariwisata Kabupaten Gowa Nursapa menjelaskan, kegiatan seperti ini telah rutin dilaksanakan sejak tahun 2011. Hal ini dilakukan agar kekayaan budaya tersebut tidak hilang tergerus oleh zaman.

Halaman: