Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, Muchlis memimpin proses pergantian jaga Pasukan Tubarani Istana Balla Lompoa, Minggu (17/3/2019)

Tiap Tanggal 17 Masyarakat Bisa Menyaksikan Kirab Pasukan Tubarani Istana Balla Lompoa Gowa

Senin, 18 Maret 2019 | 00:44 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

Lanjutnya, di masa lalu Kerajaan Gowa merupakan pusat kerajaan terbesar di belahan timur nusantara. Dan juga menjadi pemegang hegemoni dan supremasi yang diakui se nusantara dan mancanegara di samping Kerajaan Sriwijaya yang terletak di bagian barat dan Kerajaan Majapahit di bagian tengah Nusantara.

pt-vale-indonesia

“Pasukan Tubarani merupakan salah satu lambang semangat patriotik pejuang dan rakyat Gowa yang menjunjung tinggi dan menghormati kebebasan dan kemerdekaan,” kata Nursapa.

Dijelaskan Nursapa, adapun panji-panji yang dibawa oleh pasukan Tubarani merupakan tanda pengikat kesetiaan, dedikasi, pengabdian dan tanggung jawab, serta rasa kecintaan tertinggi terhadap Kerajaan Gowa di masa lalu.

Tujuan Pemkab menggelar kegiatan budaya ini tiada lain untuk menanamkan keunikan wisata budaya Kabupaten Gowa. Beberapa tarian adat dan lagu-lagu daerah Makassar pun ditampilkan, juga kirab pasukan diperagakan dalam kegiatan tersebut sehingga menyuguhkan nuansa wisata adat dan budaya yang jadi salah satu fokus Pemerintah Kabupaten Gowa.(*)

Halaman: