#

Adu Strategi Parpol Rebut Dua Kursi di Dapil Manggala-Panakkukang

Selasa, 19 Maret 2019 | 22:28 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Muhammad Fardi - GoSulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Sejumlah partai politik percaya diri memiliki peluang untuk merebut dua kursi di daerah pemilihan (dapil) Kecamatan Manggala dan Panakkukang untuk DPRD Kota Makassar. Khusus caleg petahana, mulai beradu strategi agar partainya bisa mendudukkan dua kader di DPRD Makassar.

Hal ini tercermin dari pengakuan petahana NasDem Supratman, petahana PAN Hamzah Hamid dan petahana Golkar Syamsuddin Kadir. Diketahui, pada Pileg 2014 lalu, hanya Golkar mendudukkan dua kadernya di DPRD Makassar melalui dapil Manggala-Panakkukang, yakni Rahman Pina dan Samsuddin Kadir. Hanya saja, untuk pileg tahun ini, Rahman Pina naik kelas membidik kursi DPRD Sulsel.

pt-vale-indonesia

Supratman mengakui, bahwa NasDem memang menargetkan dua kursi di dapil Manggala-Panakkukang. Target itu berdasarkan rumusan tim Badan Pemenangan Pemilu DPD NasDem Kota Makassar. Supra, sapaan akrabnya tidak menepis bahwa pihaknya telah mengantongi hasil survei.

“Itu target kami dan target Badan Pemenangan Bappilu kota. Dan tidak menutup kemungkinan bisa dicapai. Karena sekarang posisi NasDem sudah satu lebih kursi. Kalau dipush sedikit bisa dua kursi,” kata Supratman, Senin (18/3/2019).

Menurut Supra, saat ini caleg NasDem bekerja maksimal. Meski tidak ditepis ada satu atau dua orang yang mulai kendor, namun tetap melakukan gerakan politik. Selebihnya, semua bekerja maksimal lantaran merasa memiliki peluang yang sama untuk mendapatkan kursi di parlemen.

“Sekarang caleg masih bekerja semua. Masih bagus,” ujarnya.

Selain itu, Supra memprediksi bahwa pemilih yang hanya mencoblos partai NasDem tanpa mencoblos caleg, jumlahnya cukup banyak. Hal ini, kata dia sangat membantu perolehan suara partai. Hal ini bukan tanpa alasan, lantaran, di beberapa kesempatan Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan “Danny” Pomanto sudah mulai terang-terangan mengkampanyekan NasDem.

Sementara itu Hamzah Hamid menyebutkan, bahwa pihaknya juga telah mengantongi hasil survei terbaru. Dalam survei itu, PAN berpeluang mendudukan 7 kadernya di DPRD Makassar. Meski tidak menyebutkan dapil yang berpeluang memiliki dua kursi, tapi dia menyinggung soal dua kursi yang menjadi target di dapil Manggala – Panakkukang.

“Insya Allah kalau melihat kondisi saat ini, secara keseluruhan di DPRD Makassar bisa 7 kursi,” kata Hamzah Hamid.

Ketua DPD PAN Kota Makassar ini melanjutkan, pihaknya bersama seluruh caleg PAN se-Kota Makassar telah berkomitmen untuk bekerja maksimal. Hal ini dilakukan setelah ia melihat peluang besar PAN mendapat dua kursi di dapil tertentu.

Tidak hanya itu saja, dia juga menginstruksikan caleg untuk memasang saksi berlapis. Bahkan untuk saksi luar diberikan tanggung jawab untuk menggalang pemilih di wilayahnya masing-masing. “Saksi luar juga diberikan tugas untuk memobilisasi TPS. Misalnya ada orang kita yang belum datang memilih itu diidentifikasi,” katanya.

Sebelumnya Samsuddin Kadir juga mengatakan hal yang sama. Politisi Golkar ini optimis partainya bisa mendapat dua kursi di dapil Manggala-Panakkukang. Apalagi semua caleg, berdasarkan pengakuan dia bekerja maksimal.

“Kalau suara caleg merata. Ada yang sampai 6 ribu, dan yang lain sebagainya bisa seribu sampai dua ribu maka peluang dua kursi itu sangat terbuka,” ujarnya.

Olehnya, secara pribadi dirinya terus memperlebar kekuatan di semua wilayah. Ada beberapa titik yang pada Pileg 2014 lalu dia tidak sentuh, kini mulai dia masuki untuk menggalang suara. “Kita terus bekerja mencari titik-titik baru. Dan Bappilu Golkar juga terus mengidentifikasi suara tradisional Golkar, ini bisa membantu caleg,” tandasnya.(*)


BACA JUGA