Ilustrasi high heels/INT

Berikut Tips Memakai “High Heels” Agar Tetap Nyaman

Kamis, 04 April 2019 | 08:43 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Nurfadillah Amir - Gosulsel.com

GOSULSEL.COM — Sepatu yang cantik menjadi salah satu penunjang penampilan wanita. Bagi yang tidak memiliki kaki yang jenjang, mereka memilih mengenakan sepatu high heels untuk mempercantik penampilannya.

Makin berkembangnya dunia fashion membuat jenis dan warna sepatu high heels makin hari makin menarik. Sepatu high heels yang banyak dijumpai di pasaran saat ini seperti stiletto, pump, atau wedge.

pt-vale-indonesia

Meski sepatu high heels membuat penampilan makin cantik, namun sudah bukan rahasia lagi jika penggunaannya bisa menimbulkan gangguan kesehatan. Mulai dari rasa tidak nyaman ketika dikenakan terlalu lama dan sering, meningkatkan risiko cedera kaki, hingga menyebabkan nyeri otot pada tungkai dan kaki.

Untuk meminimalkannya, berikut beberapa tips menggunakan sepatu high heels yang nyaman dilansir dari alodokter.com:

Pastikan ukuran sepatu sesuai

Mengukur kaki, sebaiknya tidak hanya panjangnya saja. Lebar kaki juga sebaiknya diperhatikan. Pengukuran sebaiknya dilakukan menjelang malam hari dengan posisi berdiri. Ukuran yang tidak pas, akan menambah beban dan nyeri pada kaki.

Pilih sepatu dengan heel atau hak yang tebal

Sepatu jenis ini mencegah tumpuan terfokus pada ujung atau bantalan depan telapak kaki saja. Kaki juga akan lebih stabil karena beban tubuh tersangga lebih merata. Peregangan jaringan dan otot kaki pun tidak terlalu besar jika dibandingkan stileto yang memiliki hak berbentuk kecil dan tajam. Sepatu jenis ini juga dapat meminimalkan gangguan tendon Achilles.

Ujung sepatu yang lebar

Sedapat mungkin, hindari sepatu high heels dengan ujung runcing. Disarankan untuk memilih sepatu yang yang memiliki ruang di ujung jari kaki. Sebaiknya, jangan gunakan sepatu yang menimbulkan rasa nyeri di bagian ujung ataupun pinggiran jari kaki.

Halaman: