Ilustrasi high heels/INT

Berikut Tips Memakai “High Heels” Agar Tetap Nyaman

Kamis, 04 April 2019 | 08:43 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Nurfadillah Amir - Gosulsel.com

Cari bahan yang lembut

Dibandingkan menggunakan sepatu high heels yang terbuat dari bahan kulit yang kaku, agar lebih nyaman, sebaiknya pilih bahan yang lembut.

pt-vale-indonesia

Gunakan bantalan alas kaki

Kini tersedia berbagai jenis bantalan alas kaki. Untuk sepatu high heels, Anda dapat memanfaatkan bantalan alas kaki silikon yang empuk. Bantalan tersebut cukup diselipkan pada telapak kaki bagian depan untuk meredam tekanan.

Pilih sepatu high heels dengan ujung terbuka

Sepatu jenis ini dapat membantu mengurangi tekanan pada jari kaki. Ini akan sangat membantu bagi Anda yang mengalami penonjolan di pangkal ibu jari (bunion) atau kelingking jari kaki.

Perhatikan derajat kemiringan sepatu high heels

Sepatu yang memiliki hak sekitar 10 cm kemungkinan akan menukik tajam ke bawah, namun ada pula yang memiliki kemiringan yang lebih landai. Sebaiknya pilih jenis yang kedua, untuk mengurangi rasa nyeri pada bantalan telapak kaki.

Minimalkan penggunaan sepatu high heels

Menggunakan sepatu dengan hak yang lebih rendah, membuat posisi kaki lebih mendekati posisi alami. Para ahli menyarankan, penggunaan hak sepatu tidak melebihi 5 cm, dengan waktu pemakaian yang tidak terlalu lama.

Meski sepatu high heels cocok digunakan untuk menyempurnakan penampilan, namun sebaiknya hindari menggunakannya terlalu lama dan sering, karena memiliki risiko kesehatan, seperti cedera otot, radang sendi, serta meningkatkan risiko cedera pada kaki.

Jika Anda sering menggunakan sepatu high heels dan mengalami keluhan pada kaki, seperti nyeri pada sendi kaki, bentuk kaki berubah, atau kesulitan berjalan, sebaiknya konsultasi dengan dokter untuk pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut.(*)

Halaman: