Tradisi Ritual Unik yaitu “Terjun Ke Laut” bagi personel Pangkalan Utama TNI AL VI (Lantamal VI) yang naik pangkat

Unik, Tradisi Ritual “Terjun Ke Laut” Bagi Prajurit Lantamal VI yang Naik Pangkat

Kamis, 04 April 2019 | 13:15 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Citizen Reporter

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Sebagai tanda wujud syukur atas kenaikan pangkat (kenkat) per tanggal 1 April 2019 maka dilaksanakanlah Tradisi Ritual Unik yaitu “Terjun Ke Laut” bagi personel Pangkalan Utama TNI AL VI (Lantamal VI) yang naik pangkat. 

Tradisi yang unik ini dilaksanakan di Dermaga Layang Markas Komando (Mako) Lantamal VI sebagai ungkapan rasa syukur, terima kasih dan gembira atas kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi dari pangkat sebelumnya. 

pt-vale-indonesia


Acara tradisi ini, dilaksanakan usai upacara peresmian Kenkat Bintara, Tamtama dan PNS Mako Lantamal VI bertempat di lapangan Arafuru Mako Lantamal VI yang dipimpin langsung oleh Komandan Detasemen Markas (Dandenma) Lantamal VI Letkol Marinir Akhmad Mukhroji, S.Pd, M.A.P, Kamis (4/4/2019).

Dalam amanatnya, Dandenma Lantamal VI mengucapkan selamat atas kenaikan pangkat yang telah dicapai dan tentunya dengan bertambahnya pangkat satu tingkat lebih tinggi dapat memacu semangat dan motivasi dalam melaksanakan tugas serta hendaknya selalu meningkatkan diri dengan belajar dan berlatih sehingga tugas-tugas yang diemban dapat dilaksanakan dengan baik.

Kenaikan pangkat ini hendaknya juga dapat memotivasi personel Lantamal VI lainnya sehingga para prajurit dan PNS Mako Lantamal VI dapat melaksanakan tugas pokok sesuai fungsi masing-masing yang pada akhirnya memberikan kontribusi positif di kedinasan, lanjut Dandenma Lantamal VI.

“Ke depan proses kenaikan pangkat akan semakin selektif dan kompetitif, untuk itu saya mengimbau kepada para prajurit dan PNS Mako Lantamal VI agar selalu membekali diri dan menyiapkan diri dengan kemampuan serta semangat kerja keras,” katanya.

Adapun personel Lantamal VI yang mendapatkan kenaikan pangkat per tanggal 1 April 2019 berjumlah 62 personel dengan perincian 25 personel Bintara, 18 personel Tamtama dan 19 personel PNS.

Setelah upacara, Wadan Lantamal VI Kolonel Laut (P) Hanarko Djodi Pamungkas beserta sejumlah pejabat Kadis/Kasatker Lantamal VI memberikan ucapan selamat kepada seluruh personel Lantamal VI yang naik pangkat ini.

Pada pelaksanaan tradisi unik terjun ke laut tersebut, juga dilaksanakan tradisi Voordebog yang merupakan tradisi TNI AL, di mana diberlakukan bagi prajurit TNI AL yang naik pangkat menjadi Kopral Dua (Kopda) yaitu pada saat pengukuhan pangkat baru menggunakan pakaian dinas upacara yang kemudian terjun ke laut dan dilanjutkan dengan para personel yang naik pangkat lainnya.(*)


BACA JUGA