Dana BOS Telat Cair, Sekolah Meradang

Senin, 15 April 2019 | 11:15 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Rusli - GoCakrawala

GOWA, GOSULSEL.COM — Lambatnya pencairan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) masih jadi persoalan klasik. Di Kabupaten Gowa, sampai saat ini, belum ada tanda-tanda dana BOS itu cair. Padahal periode Triwulan I (Januari-Maret) 2019 sudah lewat. 

Sekolah di daerah yang dijuluki butta sejarah ini pun meradang. Bagaimana tidak, banyak kegiatan krusial yang harus dibiayai. Seperti Ujian Nasional tingkat SMP dan Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN) untuk tingkat Sekolah Dasar (SD).

muhammad-ismak

“Ini mi kita pusing. Minggu ini Ujian Nasional tapi dana BOS belum juga cair,” ujar salah satu Kepsek SMP yang meminta identitasnya dirahasiakan.

Agar kegiatan sekolah yang sudah diprogramkan tetap berjalan lancar, pihaknya terpaksa mengutang. “Utang sekolah sudah menumpuk,” ungkapnya.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Gowa, Dr Salam saat dikonfirmasi Senin, 15 April menjelaskan pencairan dana BOS merupakan kewenangan Dinas Pendidikan Provinsi. Walau begitu, ia mengaku telah mendapat kabar, jika dana BOS untuk SD-SMP akan cair Minggu ini.

“Kabar dari Dinas Pendidikan Provinsi, dana BOS cair Minggu ini,” kata Salam.

Dosen Universitas Negeri Makassar (UNM) itu menegaskan, bahwa masalah pelaporan pertanggungjawaban penggunaan dana BOS di Kabupaten Gowa sejauh ini tidak ada masalah. Semuanya sudah selesai.

“Alhamdulillah, laporan pertanggungjawaban sudah selesai,” tandas penasehat Sistem Kelas Tuntas Berkelanjutan (SKTB) itu.(*)


BACA JUGA