Tabung gas LPG 3 kg bersubsidi dari Pertamina

Pemkab Gowa Pastikan Stok Gas LPG 3 Kg Aman Selama Ramadan

Selasa, 16 April 2019 | 19:53 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM — Pemerintah Kabupaten Gowa dalam hal ini Dinas Perindustrian dan Perdagangan  (Disperindag) Kabupaten Gowa menjamin stok tabung gas LPG ukuran 3 kg aman dan mampu memenuhi kebutuhan masyarakat selama Ramadan.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Bidang (Kabid) Perdagangan Disperindag Kabupaten Gowa, Muh Rais. Menurutnya, setiap tahun saat memasuki bulan Ramadan Pemerintah Kabupaten Gowa selalu mendapatkan tambahan jatah tabung gas LPG 3 kg bersubsidi dari Pertamina ketika kebutuhan masyarakat meningkat. 

Muh Rais juga menjelaskan bahwa ketersediaan tabung gas LPG ukuran 3 kg bahkan bisa terpenuhi hingga lebaran nanti.

“Ketersediaan tabung gas elpiji 3 kg yang bersubsidi Insya Allah kita aman pada saat puasa hingga lebaran nanti.  Itu karena Pertamina yang diberi amanah oleh BPH Migas telah sepakat untuk memberikan tambahan jatah gas LPG kita di Gowa,” ujar Rais.



Disebutkannya bahwa khusus menyambut masuknya bulan puasa hingga lebaran, Pemerintah Kabupaten Gowa akan mendapatkan jatah tambahan dari Pertamina sebanyak 300 metrik ton.

“Alhamdulillah kita ada tambahan dari Pertamina sebanyak 300 metrik ton, satu metrik ton itu sama dengan 1000 kg. Kalau jatah kita saat ini itu 6.700 metrik ton, jadi dengan ada tambahan sebanyak itu insya Allah kita jamin stok untuk tabung gas LPG 3 kg aman dan mencukupi,” ungkapnya. 

Rais juga menerangkan bahwa setiap harinya pihak Pertamina menjatah 800 tabung gas LPG 3 kg kepada sepuluh pangkalan yang ada di Kabupaten Gowa, yang kemudian dibagikan ke setiap agen dan pengecer. 

“Jadi setiap hari itu ada 8000 tabung gas elpiji yang disiapkan oleh Pertamina. Dan saat Ramadan nanti baru ada tambahan jatah 100 tabung tiap hari,” ucapnya. 

Hanya saja, tambah Rais, hingga saat ini, tambahan jatah tersebut belum diberikan oleh pihak Pertamina dikarenakan kebutuhan masyarakat terhadap gas LPG 3 kg masih stabil. 

“Biasanya jelang Ramadan jatah tersebut sudah ada. Kalau saat ini kebutuhan masyarakat relatif terpenuhi,” tambahnya.(*)


BACA JUGA