Pangkoopsau II Marsda TNI Henri Alfiandi bertindak selaku Inspektur Upacara, pada pelaksanaan Upacara Bulanan di Lapangan Apel I Markas Komando Operasi TNI Angkatan Udara (Makoopsau) II, Kamis (18/4/2019)

Bacakan Sambutan Panglima TNI, Pangkoopsau II: Pasca Pemilu Tetap Jaga Persatuan dan Kesatuan

Kamis, 18 April 2019 | 09:30 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Panglima Komando Operasi TNI Angkatan Udara (Pangkoopsau) II Marsda TNI Henri Alfiandi bertindak selaku Inspektur Upacara, pada pelaksanaan Upacara Bulanan di Lapangan Apel I Markas Komando Operasi TNI Angkatan Udara (Makoopsau) II, Kamis (18/4/2019). 

Marsda TNI Henri Alfiandi yang membacakan sambutan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, mengatakan bahwa tanggal 17 April 2019 merupakan tonggak strategis bagi bangsa dan negara Indonesia. Pemilihan Umum 2019 serentak telah dilaksanakan. Menurutnya, keberhasilan pelaksanaan pesta demokrasi tersebut tidak terlepas dari peran serta seluruh prajurit dan PNS TNI, baik itu sebagai bagian dari komponen bangsa, maupun bagian dari TNI sebagai institusi. 

“Panglima TNI menyampaikan penghargaan yang tulus dan terima kasih kepada seluruh prajurit dan PNS TNI, di manapun berada dan bertugas. Pengorbanan saudara-saudara dan keluarga di rumah, menjadi pondasi yang kokoh bagi kehidupan berbangsa dan bernegara,” kata Marsekal TNI Hadi Tjahjanto melalui sambutannya yang dibacakan Marsda TNI Henri Alfiandi.

Panglima TNI Hadi Tjahjanto mengajak seluruh prajurit untuk bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa karena pemilu berjalan dengan baik dan berdoa agar tahapan berikutnya juga berjalan dengan sukses. Menurutnya tahapan selanjutnya masih membutuhkan perhatian TNI bersama seluruh komponen bangsa harus tetap mengawal sampai seluruh tahapan selesai. 



“Oleh karena itu, saya perintahkan kepada seluruh Prajurit dan PNS TNI untuk tetap melaksanakan tugas sesuai fungsi dan tanggung jawab masing-masing. Tingkatkan terus kepekaan, kepedulian dan kesiapsiagaan. Kedepankan upaya cegah dini dan deteksi dini untuk mengamankan jalannya proses pesta demokrasi tersebut. Bangun terus kedewasaan berdemokrasi di tengah-tengah masyarakat,” ujarnya.

Lebih lanjut, Hadi Tjahjanto juga menyampaikan bahwa perbedaan pandangan dan pilihan tidak berarti persatuan dan kesatuan kita sebagai bangsa yang besar harus terkikis. Pemilu hendaknya menjadi wahana untuk memilih pemimpin-pemimpin bangsa serta wakil-wakil rakyat yang terbaik. 

“Oleh karena itu, penyelenggaraan pemilu hanyalah salah satu dari perhelatan event nasional yang harus kita amankan, masih banyak tugas-tugas kedepan yang membutuhkan peran serta TNI serta pemikiran dan perhatian seluruh prajurit dan PNS TNI,” ucapnya.

Di akhir sambutannya Panglima TNI Hadi Tjahjanto menegaskan bahwa setiap prajurit dan PNS TNI adalah bagian dari sebuah organisasi yang lebih besar, peran setiap orang sebagai warga negara, untuk kebaikan sekecil apapun adalah bagian dari bangunan yang lebih besar yaitu bangunan bangsa dan negara. 

“Itulah yang dilakukan oleh para pejuang-pejuang pendiri bangsa, dengan pengorbanan jiwa raganya untuk merah putih, oleh karena itu jangan pernah ragu, jangan pernah merasa lelah, karena tugas yang kita tunaikan hari ini adalah demi masa depan bangsa dan negara, demi generasi mendatang dan kejayaan NKRI,” tegasnya.

Sementara itu, sebelum menutup sambutan  Panglima TNI Hadi Tjahjanto, Marsda TNI Henri Alfiandi memberikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh personel Makoopsau II yang telah melaksanakan tugas untuk membantu kepolisian dalam mengamankan jalannya pesta demokrasi khususnya di wilayah Sulawesi selatan, sehingga pelaksanaan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden serta Pemilihan anggota Legislatif di Wilayah Sulawesi Selatan dapat berjalan lancer, tertib, aman dan terkendali.

Bertempat di Makoopsau II, turut hadir dalam Upacara tersebut adalah Ir Koopsau II, Para Asisten, Para Komandan, Para Staf Ahli, Para Kepala, Para perwira, Bintara, Tamtama dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) Makoopsau II.(*)


BACA JUGA