Bersama Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID), Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) Kabupaten Gowa melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke Pasar Rakyat Limbung, Kecamatan Bajeng, Jumat (10/5/2019).

Pantau Kenaikan Harga, Disperindag dan TPID Gowa Sidak di Pasar Rakyat Limbung

Jumat, 10 Mei 2019 | 13:05 Wita - Editor: Irwan AR - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM – Bersama Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID), Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) Kabupaten Gowa melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke Pasar Rakyat Limbung, Kecamatan Bajeng, Jumat (10/5/2019).

Kepala Bidang (Kabid) Perdagangan Disperindag Kabupaten Gowa, Muhammad Rais yang memimpin langsung sidak tersebut mengatakan bahwa sidak tersebut dilakukan untuk memantau harga beberapa bahan pokok yang beberapa sempat naik signifikan.

Namun dari hasil pemantauan harga sejumlah kebutuhan pokok, Muhammad Rais menyebutkan sejumlah kebutuhan pokok sudah mulai mengalami penurunan harga.

“Jadi ini semua sudah hampir turun jika dibanding sebelum ramadhan. Insyaallah kita akan terus tekan harga ini, kami akan terus melakukan sidak pertiga hari agar bisa lebih memantau jika ada pedagang maupun distributor yang menaikkan harga secara sepihak,” ujar Rais.



Olehnya itu, ia menegaskan jika ditemukan adanya penimbung maka pemerintah tidak segan mencabut izin distributor tersebut. Begitupun dengan pedagang yang menaikkan harga diatas 15-20 persen dari harga beli maka akan diperingati dan terus dipantau untuk segera menurunkan jualannya.

Sementara berapa bahan pokok yang sudah mengalami penurunan seperti ayam potong dari harga Rp 60 ribuan/ekor kini menjadi Rp 45 – 50 ribu/ekor, harga bawang merah sudah dikisaran Rp 30- 35 ribu/kg, yang sebelumnya bisa mencapai Rp 40 ribu/kg, begitupun dengan bawang putih kini dikisaran Rp 48 – 55 ribu/kg.

“Rata-rata pedagang pasar ini mengambil barang dari pasar induk sehingga mungkin menaikkan Rp 5 – 7 ribu dari harga belinya dan ini masih normal dibandingkan dengan daerah lain. Insyaallah kami akan terus pantau,” tambahnya.(*)


BACA JUGA