Pemerintah Kecamatan Tinggomoncong melakukan pembuatan Tenteng Raksasa di Lapangan Secata Kota Malino, Minggu (14/7/2019)

Ukir Sejarah Baru, Kecamatan Tinggimoncong Buat Tenteng Raksasa

Minggu, 14 Juli 2019 | 15:56 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM — Pemerintah Kecamatan Tinggomoncong melakukan pembuatan Tenteng Raksasa di Lapangan Secata Kota Malino, Minggu (14/7/2019).

Wakil Bupati Gowa, H Abd Rauf Malaganni Kr Kio mengatakan pembuatan Tenteng Raksasa tersebut merupakan bagian dari rangkaian event Beautiful Malino dengan tujuan untuk mempromosikan Tenteng yang merupakan makanan khas Malino.

“Kami berharap Tenteng Raksasa ini bisa memecahkan rekor MURI. Bahkan Kecamatan Tinggimoncong Malino ini terkenal dengan tenteng dan ini bisa menjadi ikon bagi Kota Malino,” harapnya.

Camat Tinggimoncong, Andry Mauritz mengatakan Tenteng yang akan dibuat memiliki ukuran diameter 10 meter dengan melibatkan sejumlah unsur dari kelurahan dan desa se-Kecamatan Tinggimoncong.



“Ini seluruh instansi yang kami libatkan mulai dari dusun, kelurahan dan desa serta sejumlah pedagang tenteng yang ada di Malino ini,” ujarnya.

Lanjutnya, ide pembuatan Tenteng Raksasa tersebut diakui Andry Mauritz berawal dari perbincangan di warung kopi yang kemudian dibicarakan dan dimasukkan sebagai salah satu rangkaian event Beautiful Malino.

Sementara itu, Ketua Panitia pelaksana, Mappuding Gassing mengungkapkan bahwa untuk membuat makanan khas Malino yang terbuat dari kacang dan gula tersebut menghabiskan sekitar 350 kilogram kacang dan 200-an kilogram gula merah.

“Ini bahannya dari gula merah dan kacang. Jumlah kacang 350 kilo dan gula gula 200-an kilo. Ini lebernya 10 meter, ini akan memasuki wadah yang disiapkan 10 meter diameternya. Ini nanti jadi tenteng 10 meter diameternya,” jelasnya.

“Kita kemarin siapkan 70 wajan target untuk memasak, peserta dari semua desa dan kelurahan dan instansi unit kerja yang ada di Kecamatan Tinggimoncong,” tambahnya.(*)


BACA JUGA