Gubernur Sulsel HM Nurdin Abdullah tiba-tiba melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Kantor Dinas Kehutanan, Kamis (18/7/2019)

Sidak di Dinas Kehutanan, Gubernur Pertanyakan Kedisiplinan Kadis

Kamis, 18 Juli 2019 | 13:35 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

MAKASSAR, GOSULSEL.COM— Gubernur Sulsel HM Nurdin Abdullah tiba-tiba melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Kantor Dinas Kehutanan, Kamis (18/7/2019). Nurdin sempat geram dengan ketidakhadiran Kadis Kehutanan Muhammad Tamzil.

Saat memasuki kantor Dinas Kehutanan, Gubernur Sulsel langsung menuju bagian kepegawaian untuk mengecek absensi. Di ruangan ini NA menanyakan tingkat kehadiran pegawai terutama kadisnya sendiri.

pt-vale-indonesia

“Rajin atau tidak kadisnya? Jangan takut. Saya orang kehutanan, hancur hutan kita kalau begini. Jam berapa datang biasa? Kau jangan takut, saya gubernur mau memperbaiki keadaan. Kadisnya datang tiap hari? Siapa pejabat di sini yang bisa kasih penjelasan?” tanya Nurdin kepada salah satu pegawai.

Pegawai yang ditanya Nurdin pun sempat kalang kabut. Hanya sesekali memeriksa berkas yang ada di mejanya. “Saya kurang tahu pak,” singkatnya.

Nurdin kemudian menuju ruangan kepala dinas di lantai dua kantor yang berada di Jl Baji Minasa ini. Di sini guru besar bidang kehutanan Unhas ini sempat melihat tumpukan berkas yang ada di atas meja.

Dirinya mengaku sudah menerima banyak laporan terkait perizinan yang ada di Dinas Kehutanan Sulsel. Ada beberapa izin yang terhambat.

“Tadi kita temui ada berkas yang bulan Maret belum ditandatangani. Bagaimana mau beres kalau kadisnya hanya datang dua kali seminggu,” jelas Nurdin. 

Beberapa staf dan pegawai Dinas Kehutanan yang ditanya mengenai keberadaan Kepala Dinas Kehutanan, Muh Tamzil menyebutkan bahwa sedang berada di Riau menghadiri rapat koordinasi pencegahan kebakaran hutan.

“Beliau hadiri rapat koordinasi mulai 17 Juli kemarin. Rencananya sampai besok rapatnya,” kata salah satu pejabat eselon IV di lingkup Dinas Kehutanan.(*)


BACA JUGA