Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Gowa Sugeng Priyanto menghadiri panen raya jagung bersama CV Mulia PT Pupuk Kaltim di Desa Sokkolia Kecamatan Bontomarannu Kabupaten Gowa, Minggu lalu (4/8/2019)

Kekeringan, Dinas Pertanian Gowa Tetap Optimis Capai Target Produksi Jagung

Selasa, 06 Agustus 2019 | 08:26 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM — Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura Kabupaten Gowa menargetkan 250.595 ton jagung tahun ini. Walaupun kekeringan masih mengintai para petani jagung.

“Kekeringan memang salah satu pengaruh produksi, biasanya kita bisa produksi lebih dari 10 ton satu kali produksi, tapi ini hanya 9 ton, tetapi kami tetap optimis capai target tahun ini,” kata Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Gowa Sugeng Priyanto.

muhammad-ismak

Lanjutnya, saat ini kontribusi sekitar 45 ribu hektare lahan pertanian yang hadir di seluruh Kabupaten Gowa, salah satunya di Desa Sokkolia. 

Upaya yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Gowa untuk mencapai target yaitu melakukan perbaikan mutu benih, meningkatkan kemampuan lahan untuk ditanam lebih dari sekali.



“Serta penggunaan pupuk sesuai dosis baik subsidi maupun non subsidi,” tuturnya saat panen raya jagung bersama CV Mulia PT Pupuk Kaltim di Desa Sokkolia Kecamatan Bontomarannu Kabupaten Gowa, Minggu lalu (4/8/2019).

Sementara itu, Camat Bontomarannu, Muhammad Sabit, menyebutkan bahwa untuk satu kali panen daerahnya bisa mencapai 9,5 ton. 

Sementara untuk hasil panen, Muhammad Sabit menambahkan akan dikirim ke berbagai daerah di wilayah Sulawesi. “Hasil panennya nanti dikirim hingga ke Manado, Kendari dan daerah di wilayah Sulsel,” tutupnya.(*)

BACA JUGA