Ketua Umum Asosiasi Bank Sampah Indonesia Saharuddin Ridwan saat menghadiri rapat penanganan sampah, di Baruga Tinggimae Rujab Bupati Gowa, Senin (9/9/2019)

Asosiasi Bank Sampah Indonesia Puji Cara Pemkab Gowa Kurangi Sampah Plastik

Selasa, 10 September 2019 | 21:12 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM — Asosiasi Bank Sampah Indonesia mengaku kagum cara penanganan lingkungan untuk mewujudkan lingkungan bersih di Kabupaten Gowa. Seperti pengurangan sampah plastik dengan penggunaan tumbler.

Ketua Umum Asosiasi Bank Sampah Indonesia Saharuddin Ridwan mengaku Kabupaten Gowa sudah memiliki perencanaan yang baik dalam aspek penanganan lingkungan untuk menciptakan lingkungan bersih.

muhammad-ismak

“Salah satu yang menarik di Gowa adalah penggunaan tumbler untuk pengurangan sampah plastik, ini adalah hal kecil tapi sangat besar manfaatnya. Menurut saya ini suatu prestasi yang membuat saya kagum, apalagi tadi saya melihat Bapak Bupati Gowa menyuruh pulang para ASN atau pejabat hanya karena tidak membawa tumbler. Inilah salah seorang pimpinan daerah yang luar biasa komitmennya dalam memerangi sampah plastik,” ungkapnya.

Ia juga menyebutkan bahwa langkah peningkatan penanganan sampah dengan membuat bank sampah unit memang harus segera dilakukan, apalagi menurutnya di Kabupaten Gowa memang telah memiliki bank sampah induk sehingga lebih menunjang perencanaan dalam penanganan sampah.



“Setelah membuat bank sampah unit untuk mengetahui neracanya, kita lalu membuat TPS3R dan TPA, jika ini terpenuhi pasti Gowa akan bebas dari masalah persampahan,” tutupnya.

Sementara itu, Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mengatakan bahwa, pemberian tumbler tersebut merupakan  langkah serius Pemkab Gowa untuk meminimalkan peredaran sampah plastik di daerah ini.

“Upaya ini guna mengurangi penggunaan sampah plastik di Gowa terutama minuman kemasan plastik,” ujar Adnan.(*)