Ketua ASOBSI, Saharuddin Ridwan dan direktur Bank Sampah ikut mendukung program Makassar Recover.

Dukung Makassar Recover, Ratusan Bank Sampah Siap Jadi Agen Prokes

Senin, 15 Maret 2021 | 12:06 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Seluruh jajaran pelaku bank sampah di Makassar turut serta menangani Covid-19. Mereka juga siap mendukung program Makassar Recover.

Diketahui, saat ini 394 Direktur bank sampah yang masih aktif dan telah ada 32 ribu nasabah. Mereka bakal menjadi agen perubahan guna mendukung program tersebut.

Mereka akan bertugas mengubah perilaku masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan (Prokes). Sehingga tidak ada lagi kasus penularan Covid-19.

Selama Covid-19, bank sampah tetap eksis. Pihaknya tetap bekerja mengurai sampah. Penerapan prokes pun tetap diperhatikan.

Meskipun diketahui pula banyak bank sampah yang tidak aktif, seperti bank sampah sekolah, perkantoran pemerintah dan swasta dan sebagian bank sampah unit RW. Namun pengelolaan sampah tidak berhenti.

Disampaikan Ketua Asosiasi Bank Sampah Indonesia (ASOBSI), Saharuddin Ridwan, pihaknya siap mendukung Makassar Recover. Semua stakeholder bank sampah tanpa terkecuali bakal terlibat.

“Pasalnya, bank sampah sangat sering melakukan kegiatan penimbangan. Sehingga, bisa langsung komunikasi dengan warga,” ujarnya, Minggu (14/02/2021).

“Harapannya, nanti tim di kelurahan yang dibentuk Pemkot bisa berkomunikasi dengan pengelola bank sampah RW,” harap Sahar. (*)


BACA JUGA