Kepsek SMA Negeri 6 Gowa, Erwin Wijaya (baju putih) mendampingi Tim Kemendikbud RI meninjau pelaksanaan Uji Kompetensi Akademik (UKA) di sekolahnya, Rabu (11/9/2019)

40 Siswa SMA Negeri 6 Gowa Ikut Uji Kompetensi Akademik Kemendikbud RI

Rabu, 11 September 2019 | 22:39 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Rusli - GoCakrawala

GOWA, GOSULSEL.COM — Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI melaksanakan Uji Kompetensi Akademik (UKA) secara online. Uji Kompetensi Akademik yang dimulai Rabu, 11 September 2019 itu diikuti oleh sejumlah Sekolah Menengah Atas (SMA). 

Khusus di Kabupaten Gowa, Uji Kompetensi Akademik ini diikuti oleh 12 sekolah. Salah satunya SMA Negeri 6 Gowa. Kepala Sekolah SMA Negeri 6 Gowa, Erwin Wijaya mengatakan, Uji Kompetensi Akademik di sekolahnya diikuti oleh 40 peserta. Mereka merupakan siswa kelas X. 

muhammad-ismak

Pelaksanaan Uji Kompetensi Akademik itu pun dipantau langsung oleh Tim Kemendikbud RI. “Ada 40 siswa Kelas X yang ikut UKA. Tadi, Tim Kemendikbud langsung pantau,” ujar Erwin di ruang kerjanya, Rabu (11/9/2019).

Erwin menerangkan, pelaksanaan UKA ini berdasarkan amanat Peraturan Pemerintqh (PP) Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan sebagaimana diubah PP nomor 32 thn 2013 dan PP nomor 13 tahun 2005 pasal 1. 



Adapun kriteria sekolah yang ditunjuk sebagai peserta Ujian Kompetensi Akademik yaitu nilai rata-rata UNBK kategori baik,  dan melaksanakan UNBK dengan mandiri.

Lebih jauh, mantan Kepala SMA Negeri 1 Bajeng Barat itu menjelaskan, siswa yang ikut UKA mengerjakan soal mata pelajaran dengan berbasis komputer atau online. Meliputi mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, PKN, Biologi serta Fisika. 

“Tahapan pelaksanaan UKA ini selama dua hari. Rabu/Kamis, 11-12 September 2019,” sebut Erwin.

Dalam melaksanakan Uji Kompetensi Akademik ini, lanjut Erwin, sekolahnya ditunjang oleh komputer. Jumlahnya 20 unit. Komputer itu, kata dia merupakan bantuan langsung dari pihak Kemendikbud. 

“Sudah ada 20 unit komputer dari Kementerian Pusat. Selain kami bangga ditunjuk sebagai pelaksana UKA. Juga berterima kasih atas bantuan fasilitas komputer yang diberikan pusat. Tentu keberadaan komputer ini sangat membantu sekolah utamanya siswa,” bilang Erwin.(*)

BACA JUGA