FOTO: Ketua Fraksi NasDem DPRD Sulsel, Arum Spink/Ist

Fraksi NasDem Minta Pemprov Sulsel Ambil Tindakan, Jamin Keamanan Warga Sulsel di Wamena

Minggu, 29 September 2019 | 20:11 Wita - Editor: Muhammad Fardi -

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Fraksi Partai NasDem meminta kepada Gubernur Sulsel agar segera mengambil langkah aktif dan serius, agar kemananan masyarakat akibat rusuh Wamena Papua, khususnya masyarakat Sulsel bisa terjamin.

“Mencermati kondisi terkini di Wamena Papua, terkait dengan sejumlah kejadian menimpa sejumlah masyarakat pendatang khususnya warga Sulsel, maka kami mendesak kepada Gubernur Sulsel untuk melakukan langkah-langkah aktif, serius dan terukur agar keamanan mereka bisa terjamin dari kelompok-kelompok yang sengaja melakukan tindakan kriminal,” kata Ketua Fraksi NasDem DPRD Sulsel, Arum Spink, Minggu (29/9/2019).

Pihaknya menilai, Pemprov Sulsel lamban untuk mengambil sikap dan kepedulian terhadap warganya di Papua.

“Langkah-langkah aktif yang kami maksudkan agar melakukan koordinasi secara intens kepada unsur pemerintah setempat, terkhusus pihak keamanan untuk memastikan bahwa masyarakat Sulsel di Wamena betul-betul terjamin keamanannya dari sejumlah gangguan,” ungkap Pipink sapaan akrabnya.



Lanjut aktivis HMI ini, penting kiranya agar ada utusan khusus Pemprov Sulsel yang dikirim ke Wamena untuk memantau dan melihat langsung seluruh proses tersebut.

“Penanganan pengungsi juga teramat penting untuk disikapi khususx warga Sulsel. Pemprov harus turun tangan memastikan bahwa kepedulian dan support Pemprov Sulsel kepada warganya yang merantau ke Papua berjalan sebagaimana mestinya,” ungkapnya.

Tak berhenti disitu, lanjut Pipink, jika dianggap perlu Pemprov Sulsel melakukan upaya evakuasi dengan menfasilitasi pesawat carter untuk mengangkut warga Sulsel untuk kembali sementara ke Makassar hingga kondisi di Wamena betul-betul kondusif.

“Tak lupa kami meminta agar Pemprov Sulsel memberikan informasi yang valid dan terupdate kepada masyarakat Sulsel terkait perkembangan di Wamena agar pihak keluarga perantau tetap tenang dan tidak was-was,” tandasnya.(*)


BACA JUGA