Dompet Dhuafa Sulsel memberikan pelayanan untuk pengungsi pasca kerusuhan Wamena, di Pelabuhan Soekarno Hatta, Kota Makassar, Jumat (18/10/2019)

Sambut Pengungsi Wamena, Dompet Dhuafa Buka Pos Hangat di Pelabuhan Soekarno Hatta

Jumat, 18 Oktober 2019 | 21:16 Wita - Editor: Andi Nita Purnama -

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Dompet Dhuafa Sulsel kembali memberikan pelayanan untuk pengungsi pasca kerusuhan Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua di Pelabuhan Soekarno Hatta, Kota Makassar, Jumat (18/10/2019).

Sebanyak 454 pengungsi menggunakan KM Gunung Dempo dan berlabuh di Pelabuhan Seokarno Hatta, Makassar sekitar pukul 06.00 Wita.

pt-vale-indonesia

Relawan Dompet Dhuafa Sulsel turut menyambut para pengungsi dengan memberikan pelayanan-pelayanan yang memudahkan pengungsi. Relawan Dompet Dhuafa Sulsel membantu mengangkat barang-barang bawaan pengungsi dan juga membantu anak-anak pengungsi dari kapal menuju ke bus jemputan masing-masing wilayah tujuan pengungsi.

Koordinator Relawan Dompet Dhuafa Sulsel, Syarif menerangkan, pelayanan pada pengungsi Wamena hari ini bukan yang pertama.

“Respon hari ini merupakan respon yang kesekian, sehari sebelumnya kami juga hadir menyambut saudara kita dari Wamena yang berlabuh di Makassar. Dompet Dhuafa telah melakukan penanganan pengungsi Wamena di Papua melalui LKC Dompet Dhuafa Papua maupun DMC Dompet Dhuafa. Penanganan berupa pendirian pos hangat maupun dapur umum, taman ceria, penyaluran logistik untuk pengungsi wamena, dan pelayanan pos medis. Di Sulsel sendiri kita sudah dua kali melakukan respon terhadap saudara kita pengungsi Wamena,” tambah Syarif.

Secara bersamaan, tim relawan Dompet Dhuafa Sulsel juga membagikan bubur hangat kepada pengungsi yang sedang menunggu pemberangkatan berikutnya dengan menggunakan bus yang telah disediakan oleh masing-masing daerah. Selain itu, relawan juga membagikan buah-buahan segar seperti apel, pir, dan jeruk.

Dompet Dhuafa Sulsel membagikan bubur hangat kepada pengungsi yang sedang menunggu pemberangkatan

Setelah membagikan logistik, tim relawan Dompet Dhuafa Sulsel melanjutkan kegiatan aksi Bersih Itu Sehat (BIS) di lokasi pelabuhan.(*)


BACA JUGA