Salah satu volunteer Dompet Dhuafa saat menggunakan masker ramah buat teman tuli

Dompet Dhuafa Sulsel Kembangkan Masker Ramah Buat Teman Tuli

Rabu, 29 April 2020 | 10:42 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Dompet Dhuafa (DD) Sulawesi Selatan (Sulsel) memproduksi masker khusus. Ialah masker bagi teman yang memiliki keterbatasan dalam pendengaran.

Menyadari tingginya kebutuhan masker saat ini, pihaknya pun membuat masker yang khusus dan hanya diperuntukkan untuk teman-teman tuli. Model masker yang dibuat berbeda dari biasanya karena bagian tengahnya berbahan plastik transparan. 

pt-vale-indonesia

Dimana mulut pengguna tetap bisa terlihat ketika berbicara. Bagi teman tuli, hal ini penting untuk tetap bisa membaca bibir dari lawan bicaranya.

Pimpinan DD Sulsel, Rahmat HM menyebut, inspirasi dari masker ini sebenarnya datang dari teman tuli sendiri. Apalagi, di DD Sulsel terdapat teman tuli yang sedang magang. Sehingga, dikembangkan masker khusus tersebut.

“Apalagi di kantor kami saat ini ada peserta magang teman tuli. Jadi kami coba produksi sesuai kebutuhannya,” ungkapnya, Selasa (28/4/2020).

Pria yang akrab disapa Mato ini juga mengatakan, bahwa saat ini timnya baru memproduksi prototype maskernya. Pihaknya juga terus mengembangkan produk ini agar benar-benar dapat digunakan banyak teman tuli.

Di DD Sulsel, kata dia, sedang memberdayakan anak-anak muda. Mereka memiliki tugas untuk memproduksi masker kain di kantornya. 

Hingga lebaran nanti, pihaknya ditargetkan untuk produksi 6.000 lembar masker kain yang akan dibagikan ke masyarakat. Bukan hanya di Sulsel tapi juga di provinsi-provinsi lainnya.(*)


BACA JUGA