Stadion Kalegowa di Kabupaten Gowa

Kadis PUPR Gowa Sebut Stadion Kalegowa Bakal Jadi Ikon Baru Kabupaten Gowa

Kamis, 21 November 2019 | 11:39 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM — Stadion Kalegowa yang saat ini masih dalam tahap renovasi digadang-gadang akan menjadi ikon baru Kabupaten Gowa.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Gowa, Mundoap. Pasalnya kata Mundoap stadion tersebut sudah bertaraf Nasional.

muhammad-ismak

“Stadion Kalegowa itu saya kira ke depan itu bagian juga ikon yang luar biasa karena lapangan yang kita miliki ini lapangan yang tarafnya bukan lagi taraf di tingkat kabupaten bukan juga provinsi tapi sudah nasional itu,” kata Mundoap.

Seperti rumput yang digunakan yang didatangkan dari Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah yaitu rumput Zoysia Matrella. 

Arsitektur perencanaan, Fauzan Munsir mengatakan bahwa rumput tersebut banyak digunakan di beberapa stadion di Indonesia. Seperti Stadion Maguwoharjo Sleman, Stadion Sport Center Tangerang Banten, hingga Stadion Batakan Balikpapan.

“Kita pakai rumput berjenis Zoysia Matrella, ini kita datangkan langsung dari Boyolali produk Lestarindo,” kata Fauzan.

Selain itu, kata Fauzan Munsir, pada tribun penonton, arsitek memasang konsep Wala Suji pada dindingnya. Menurutnya konsep tersebut merupakan simbol dari empat penjuru mata angin.

“Nilai yang terkandung yakni intelektual, keberanian, kejujuran, dan kekayaan. Masyarakat yang nantinya berkunjung diharapkan memperoleh prinsip hidup dari konsep Wala Suji itu,” tambahnya.(*)


BACA JUGA