FOTO: Suasana kegiatan pemahaman makna Al'Quran oleh Forum Kajian Cinta Al'Quran (FKCA) bersama Tim Penggerak PKK Kabupaten Wajo/Rabu, 11 Desember 2019/Ist
#

FKCA dan PKK Wajo Dorong Generasi Masa Depan Lewat Kajian Al’Quran

Kamis, 12 Desember 2019 | 13:36 Wita - Editor: Muhammad Fardi -

WAJO, GOSULSEL.COM – Forum Kajian Cinta Al’Quran (FKCA) bersama Tim Penggerak PKK Kabupaten Wajo menggelar menggelar kegiatan pemahaman makna Al’Quran di Hotel Sermani Sengkang, Rabu (11/12/2019).Kegiatan ini dihadiri pengurus PKK tingkat Kabupaten Wajo, pengurus PKK kecamatan se-Kabupaten Wajo, masjelis taklim serta guru mengaji se-Kabupaten Wajo.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Wajo, Hj. Sitti Maryam dalam sambutannya menyampaikan, berkaitan dengan kajian Al’Quran yang dilaksanakan tersebut merupakan hal yang sangat baik. Dimana nantinya akan diajarkan kembali kepada seluruh masyarakat maupun tetangga yang ada di wilayah masing-masing.

“Kami nilai sangat bermanfaat karena pendidikan maupun pemahaman Al’Quran adalah sejatinya merupakan ilmu yang sangat mulia dan memang patut dimiliki oleh setiap orang, khususnya bagi kita sebagai umat muslim,” Hj. Sitti Maryam.

Dia melanjutkan, dengan berbagai pemahaman Al’Quran, nantinya akan melahirkan regenerasi keluarga masa depan yang berkualitas dan memiliki nilai keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT. Olehnya itu, langkah FKCA yang senantiasa bergerak di bidang pelatihan maupun penyebarluasan pemahaman Al’Quran di daerah Waj, kata dia patut diapresiasi.

“Keinginan kita kedepan bahwa dengan hadirnya FKCA di Kabupaten Wajo akan selaras dengan konsep visi dan misi yang diusung Pemerintah Daerah saat ini dalam hal menyemarakkan kembali nilai religiusitas masyarakat Kabupaten Wajo,” ungkapnya.

“Melalui gerakan-gerakan cinta Al’Quran yang menjadi wadah saudara-saudara kita FKCA menjadi sebuah komunitas ujung tombak pengajaraan Al’Quran di masyarakat kita saat ini,” tambahnya.

Dikatakan Siti Maryam, pihaknya menghadirkan seluruh Tim Penggerak PKK dari 14 Kecamatan dengan maksud menjadi pendorong dan penyemangat Pemerintah Kecamatan maupun Pemerintah Desa/Kelurahan dalam rangka menggerakkan masyarakat yang cinta Al’Quran.

Lanjutnya beberapa Tim Penggerak PKK dewasa ini mampu bekerja sama dengan baik bersama Pemerintah di daerahnya masing-masing. Seperti halnya menurut dia pada penyelenggaraan Dana Kelurahan ataupun Dana Desa.

“Kita bisa terlibat aktif mengusulkan kegiatan-kegiatan pengembangan kapasitas sumber daya manusia berupa kegiatan sosialisasi dan/atau pembinaan baca huruf Al’Quran,” ungkapnya.

“Kegiatan ini akan terus berlanjut dimana output setelah mengikuti kegiatan ini dapat mengajarkan kembali ilmu yang telah diterima saat ini kepada keluarga dan masyarakat pada umumnya,” harap dia.

FKCA Kabupaten Wajo merupakan sebuah wadah orang-orang yang memiliki niat untuk memberantas buta baca tulis Alquran di Kabupaten Wajo. Selain itu juga merupakan salah satu organisasi yang senantiasa bergerak membumikan pemahaman tentang Alquran.

“Terima kasih Ketua tim Penggerak PKK mengikuti kegiatan ini sampai selesai, sebagai bentuk kesungguhan yang luar biasa,” Sekretaris FKCA Provinsi Sulsel, Ama.(*)


BACA JUGA