FOTO: Dua pohon tumbang di lokasi berbeda di Kabupaten Gowa, terdapat bekas pembakaran di bagian batang pohon/Kamis, 12 Desember 2019/Junaid/GOSULSEL.COM

Pohon Tumbang Mengancam Nyawa, DLH Gowa Imbau Tidak Membakar Batang Pohon

Jumat, 13 Desember 2019 | 14:47 Wita - Editor: Muhammad Fardi - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM – Setelah terjadi pohon tumbang beberapa waktu lalu di Jalan Poros Gowa-Takalar Panciro dan menewaskan seorang pengendara, Rabu lalu (11/12/2019) kembali terjadi pohon tumbang di Jalan Bakolu Biringkaloro Kecmatan Pallangga.

Peristiwa tumbanganya pohon di Jalan Bakolu Biringkaloro Pallangga juga menimpa dua orang pengendara sepeda motor. Untung keduanya hanya menderita luka ringan. Sementara dari dua kejadian tersebut, ditemukan fakta bahwa bagian batang pohon tersebut sudah terbakar.

pt-vale-indonesia

Menanggapi hal tersebut, Kepala Bidang Pertamanan dan Persampahan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Gowa, Abitzar Husain menyayangkan adanya pembakaran pohon tersebut.

“Hal ini yang kami tidak tau motifnya apa banyak yang melakukan pembakaran pada pohon ? sehingga yang kita harapkan pohon sebagai peneduh jalan yang bisa memberikan kita kenyamanan disaat melintas di jalan raya dan sumber oksigen malah dibakar dan membuat pohonnya tumbang,” ujarnya.

“Pak Bupati sedang gencar-gencarnya melakukan kegiatan perbaikan kualitas lingkungan dengan banyak melakukan penanaman pohon dimana-mana ehh malah ada yang dengan tega membakar pohon,” sambunya.

Olehnya itu, Abitzar Husain berharap kepada seluruh masyarakat Kabupaten Gowa untuk bisa menjaga dan memelihara lingkungan. Menurutnya hal tersebut sudah menjadi tanggung jawab bersama antara pemerintah dan masyarakat.

“Jangan kemudian ada kejadian lantas pemerintah yang selalu disalahkan.  Kejadian kemarin pohon tumbang yang sempat menelan korban selayaknya menjadi warning bagi kita semua agar lebih mencintai alam, saya mengutip pernyataan Pak Bupati kita dan saya rasa inilah yang paling tepat. “Jagalah Alam maka Alam akan Menjagamu,” tandasnya.(*)


BACA JUGA