Kepolisian Sektor (Polsek) Pallangga menyerahkan bantuan pelampung berupa ban dalam yang dipompa kepada Kepala dusun Mapala Kelurahan Pangkabinanga Kecamatan Pallangga. Kamis (02/01/2020)

Antisipasi Bencana Banjir, Polisi Serahkan Pelampung untuk Warga Pallangga

Kamis, 02 Januari 2020 | 15:51 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM – Kepolisian Sektor (Polsek) Pallangga menyerahkan bantuan pelampung berupa ban dalam yang dipompa kepada Kepala dusun Mapala Kelurahan Pangkabinanga Kecamatan Pallangga.

Kapolsek Pallangga Gowa Akp Hendra Suyanto penyerahan ban dalam tersebut untuk mengantisipasi banjir yang bisa saja terjadi saat memasuki musim penghujan.

muhammad-ismak

“Ban dalam tersebut bisa difungsikan dan digunakan untuk mengevakuasi para korban ketika datang banjir, saat ini sudah musim penghujan untuk menghindari banjir, personil polsek pallangga mengumpulkan ban dalam bekas yang sudah terpompa dan sebagian diserahkan kepada wilayah yang mudah terkena banjir,” ujar Akp Hendra Suyanto, Kamis (2/1/2020).

Ia menyebutkan bahwa Dusun Mapala Kelurahan Pangkabinanga tersebut merupakan wilayahnya sangat rentan teriadi banjir dikarenakan dekat dengan bantaran sungai. Setiap tahun bila musim penghujan datang, daerah ini digenangi air kiriman dari sungai Jeneberang.

“Ini karena wilayahnya dekat sekali dengan bantaran Sungai Jeneberang, kalau hujan turun, pasti airnya meluap ke rumah-rumah warga. Untuk itu kami berikan bantuan ban dalam bekas sebagai langkah antisipasi banjir, semoga ban tersebut dapat dimaksimalkan dengan baik,” harapnya.

Sementara itu, Kapolres Gowa Akbp Boy FS Samola mengucapkan berterimakasih dan mengapresiasi atas inovasi-inovasi para jajaran kapolsek dalam mengantisipasi banjir di wilayah hukumnya. Dengan mengumpulkan dan menyiapkan ban dalam bekas sebagai langkah awal antisipasi ketika datang bencana banjir.

“Ban dalam mobil ini bisa difungsikan sebagai ban penyelamat (ring lifebuoy) dalam rangka persiapan operasi kemanusiaan penanggulangan bencana banjir,” ucapnya.

Diketahui Dusun Mapala Kelurahan Pangkabinanga Kecamatan Pallangga menjadi wilayah terparah yag terkena bencana banjir akibat luapan Sungai Jeneberang pada Januari 2019 lalu. Ketinggian air bahkan mencapai atap rumah warga.(*)


BACA JUGA