Dua hari terakhir ini curah hujan di Kabupaten Maros mengalami peningkatan. Khusus di Desa Borukamase, Kecamatan Maros Baru, dimana hampir setiap tahunnya menjadi langganan banjir disaat musim penghujan tiba.
#

Antisipasi Banjir, Camat di Maros Baru Imbau Warga Bersihkan Saluran Air

Jumat, 03 Januari 2020 | 16:25 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Muhammad Yusuf - GoSulsel.com

MAROS, GOSULSEL.COM- Dua hari terakhir ini curah hujan di Kabupaten Maros mengalami peningkatan. Khusus di Desa Borukamase, Kecamatan Maros Baru, dimana hampir setiap tahunnya menjadi langganan banjir disaat musim penghujan tiba.

Utamanya warga Dusun Lekoala, Tebbange dan juga Pammentengang yang setiap tahunnya terendam air banjir sampai setinggi pinggang orang dewasa.

muhammad-ismak

Mengingat hal tersebut, Kepala Desa (Kades) Borikamase Aswin, mengimbau kepada warganya terutama yang bermukim di tiga dusun tersebut agar memperhatikan saluran air.

“Imbauan ini juga menindaklanjuti surat dari pak Camat Maros Baru, dalam mengantisipasi banjir dimusim penghujan,” ujar Aswin. Jum’at (3/1/2020).

Ia pun meminta agar warga dan petani bisa bergotong royong membersihkan sampah dan semak yang ada hampir disepanjang irigasi.

“Beberapa hari sebelumnya bersama dengan warga, Kepala Dusun, Babinsa dan Binmas itu kita turun membersihkan saluran air,” katanya.

“Kita harapkan kesadaran warga terkait kebersihan lingkungan kita, belum lagi setiap kali banjir itu tidak hanya merendam tapi juga membawa sampah,” lanjutnya.

Sementara itu, Camat Maros Baru A. Riswan Akbar, mengatakan bahwa saat ini pihaknya tengah menghimbau kepada Pemerintah Desa dan Kelurahan agar membentuk posko dikantor masing-masing. Hal itu untuk mempermudah koordinasi jika nanti terjadi bencana banjir.

“Kita sudah imbau agar buat posko untuk memudahkan koordinasi sampai ke BPBD Maros,” katanya saat dihubungi.

Selain itu, ia juga mengimbau agar setiap saluran air untuk dilakuakan pemeriksaan,”saluran air dicheck, jangan sampai ada yang tersumbat, semua Desa dan Kelurahan kita himbau seperti itu,” katanya.(*)


BACA JUGA