Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Makassar, Naisyah Tun Azikin

Dinkes Makassar Siagakan 47 Puskesmas Bantu Korban Banjir

Rabu, 08 Januari 2020 | 18:02 Wita - Editor: Dilla Bahar -

MAKASSAR, GOSULSEL.COM–Dinas Kesehatan Makassar menyiagakan 47 Puskesmas untuk menghadapi cuaca ekstrim yang beroperasi selama 24 jam.

Kepala Dinkes Kota Makassar Naisyah Tun Azikin mengungkapkan bahwa pihaknya juga telah membuat surat edaran ke seluruh layanan kesehatan baik Puskesmas maupun Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) untuk meningkatkan kewaspadaan dan dampak penyakit akibat banjir.

muhammad-ismak

“Sebanyak 47 Puskesmas sudah siap siaga yang dilengkapi dengan Tim Gerak Cepat (TGC), ambulance dan Home care yang beroperasi selama 24 jam,” jelasnya, Rabu (8/1/2020)

Selain itu, juga akan disiapkan posko kesehatan di beberapa titik rawan banjir di kota Makassar. “kapan posko sudah ada di lokasi apabila ada pengungsi. Begitu ada pengungsi yang dievakuasi, posko kesehatan langsung terbentuk, dan standby 24 jam,” ujarnya.

Sebanyak kurang lebih 200 TGC yang disiagakan dalam menghadapi banjir. Masing-masing 3 TGC dari 47 puskesmas ditambah tim dari dinas kesehatan dan rumah sakit.

“tugas kami bukan hanya menunggu ada korban banjir, tetapi juga melakukan surveilance penyakit yang meningkat pada daerah daerah rawan banjir akibat genangan air. Penyakit penyakit apa aja yang muncul itu juga menjadi fokus perhatian kami,” tandasnya.(*)


BACA JUGA